MTQ NASIONAL KE-28, Regu Fahmil Putra Sumbar Juara 1 Nasional

PADANG, KP – Setelah melalui perjuangan berat sejak babak penyisihan, Regu Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) akhirnya sukses menorehkan prestasi terbaik pada MTQ Nasional ke- 28 di Sumatera Barat tahun 2020.

Regu Fahmil putra Sumbar yang beranggotakan Harus Ar-Rasyid, M. Rayhan, dan Muhammad Dhonan sukses menjadi terbaik 1 tingkat Nasional pada MTQ Nasional ke-28 dengan nilai 1.195, pada babak final di Auditorium UNP, Kamis (19/11). Hebatnya, angka ini merupakan nilai tertinggi di babak final putra maupun putri.

Di final, Regu Fahmil putra Sumbar yang menduduki regu A mampu menjawab delapan soal paket regunya dengan nilai 800 dan menambah 395 poin pada soal lontaran.Adapun daftar pemenang lomba Fahmil Putra yaitu juara 1 Kafilah Sumatera Barat nilai 1.195, juara 2 kafilah Sumatera Utara nilai 885, dan juara 3 kafilah DKI nilai 610.

Sedangkan untuk Fahmil Putri juara 1 kafilah Jawa Timur nilai 1.175, juara 2 kafilah Banten nilai 920, dan juara 3 kafilah Kepulauan Bangka Belitung nilai 565.

Penampilan regu Fahmil putra Sumbar yang didukung penuh dan disaksikan langsung oleh para petinggi Pemprov Sumbar, Kemenag Sumbar dan Kemenag Kota Padang, serta para suporter itu dilaksanakan dengan tetap menerapkan prokes.

Hadir pada final Fahmil Putra tersebut Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno, Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri beserta Ketua DWP Hj. Bahirni, Kakankemenag Kota Padang H. Marjanis, Kabid Pakis H. Rinalfi, Kabid Dikmad H. Syamsul Arifin, Kakankemenag Kabupaten/Kota, para kasi, kasubag, beberapa kepala madrasah, kepala KUA, dan para pejabat lainnya.

Kakankemenag Kota Padang H. Marjanis merasa haru dan bahagia atas prestasi gemilang yang ditorehkan oleh regu Fahmil putra Sumbar karena berhasil mengharumkan nama baik Sumatera Barat di tingkat nasional. Ia tidak henti-hentinya bersyukur kepada Allah SWT dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut andil dalam kemenangan ini.

H. Marjanis yang juga penanggungjawab venue 7 Auditorium UNP Padang cabang MFQ ini mengatakan kemenangan itu menasbihkan 4 kesuksesan yang diraih, yakni sukses pelayanan, sukses pelaksanaan, sukses prestasi, dan sukses pertanggungjawaban.Ia juga sangat puas dengan kinerja seluruh petugas dan relawan di venue yang dia pimpin itu.

GUBERNUR TINJAU SEJUMLAH VENUE

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melakukan kunjungan ke beberapa tempat perlombaan, Kamis (19/11). Di antaranya venue di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dan aiuditorium UNP, didampingi oleh Kakanwil Kemenag Sumbar, Asisten III, Kepala Biro Bintal dan Kesra Kepala Biro Humas Setda Sumbar Hefdi, para pengurus dan panitia MTQ Nasional di Sumbar.

“Alhamdulillah, 23 kafilah kita masuk final. Ini termasuk terbanyak bersama provinsi DKI. Dengan demikian kita ada peluang untuk mendapatkan tiga besar,” ungkap Irwan Prayitno.

Gubernur memberikan masukan pada para Kafilah agar tidak terlalu stres memikirkan pertandingan, sebab bila sudah stres di awal akan membuat tidak percaya diri sehingga apa yang telah dipersiapkan menjadi buyar.

Ia mengajak masyakat Sumbar bersama-sama mendukung kafilah Sumbar dengan berdoa agar Allah SWT memberikan kemudahan kepada kafilah Sumbar. “Mari kita bersama-sama do’akan kafilah kita, agar diberikan kemudahan dalam perlombaan. Bisa menjadi juara umum. Setidaknya kita sudah masuk dalam tiga besar,” ucapnya.

Terkait masuknya pada 23 kafilah Sumbarpada babak final ini, Irwan Prayitno mengatakan target Sumbar masuk pada posisi lima besar sudah tercapai.

“Target kita lima besar, alhamdulillah sudah tercapai. Tinggal kita berjuang untuk bisa mendapatkan rangking pertama. Insya Allah. Makanya kita hadir disini untuk berikan semangat,” kata Irwan Prayitno.

Gubernur menyebut perjuangan selama dua tahun menyiapkan kafilah MTQ Sumbar tidak sia-sia karena ini menyangkut nama baik dan marwah Sumbar sebagai tuan rumah yang memiliki filosofi Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah. (ak/*)

Next Post

OPERASI TUMPAS BANDAR, Polres Bukittinggi Tangkap Dua Pengedar Narkoba, Puluhan Paket Sabu Diamankan

Kam Nov 19 , 2020
BUKITTINGGI, KP – Operasi Tumpas Bandar Tri Arga 2020 yang […]