Nagari Durian Tinggi Laksanakan Musrenbang RPJM Nagari Tahun 2020-2026

LUBUKSIKAPING, KP – Nagari Durian Tinggi melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) khusus dalam rangka penetapan RPJM Nagari Durian Tinggi Tahun 2020-2026 di aula Kantor Wali Nagari Durian Tinggi, Selasa (17/11). Turut hadir pada kesempatan tersebut P3MD M Fadli, Dinas Pekerjaan Umum diwakili Rosdaniah, Kasi Pembangunan Kecamatan Lubuk Sikaping Amwardi, Ketua Bamus Nagari Arsyali Susandi beserta Anggota Bamus Nagari Durian Tinggi, Ketua LPMN Durian Tinggi, M Dani Reski beserta anggota.

Kemudian Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Lubuk Sikaping Darman, Pendamping Lokal desa Fero Aptriadi, PPL Nagari Durian Tinggi, Bidan Desa, Kepala Jorong se-Kenagarian Durian Tinggi, Perangkat Nagari dan staf Nagari. Di samping itu Musrenbang Nagari Durian Tinggi kali ini juga melibatkan berbagai elemen dan unsur masyarakat serta tokoh masyarakat dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Wali Nagari Durian Tinggi, Richa Afandy S menyampaikan, Musrenbang Nagari merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam tahapan penyusunan RPJM Nagari. “Musyawarah Nagari menjadi salah satu tahapan penting karena masyarakat perlu mengetahui Rencana Pembangunan Nagari selama 6 tahun ke depan sebelum menuju Sidang Penetapan RPJM Nagari yang dilaksanakan Pemerintah Nagari bersama Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari dan kemudian ditetapkan Menjadi Peraturan Nagari,” ujarnya.

Tujuan dilaksanakannya Musrenbang Nagari Durian Tinggi itu kata dia, karena perencanaan pembangunan nagari yang partisipatif dari semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan dengan Pemerintah Nagari maupun Pemerintah Kecamatan. “Serta tujuan utama dilaksanakannya Musrenbang Nagari Durian Tinggi kali ini ialah membahas dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan skala nagari berdasarkan pendapatan nagari. Membahas prioritas kegiatan pembangunan yang bersumber dari APBN, APBD I dan APBD II yang akan dibahas di musrenbang kecamatan,” ungkapnya.

Disebutkannya, perencanaaan Nagari harus selaras dengan kebijakan pembangunan Kabupaten Pasaman. “Baik dalam hal Pendidikan dan Kesehatan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Pariwisata Nagari, Pertanian dan Perikanan, dan Kebencanaan,” tutupnya. (nst)

Next Post

Korwil IMI Pasaman Dukung Nasrul Abit Bangun Minangkabau Motorsport Centre

Sel Nov 17 , 2020
LUBUKSIKAPING, KP – Koordinator Wilayah Ikatan Motor Indonesia (Korwil IMI) […]