Nyaris Gagal Wakili Sumbar, Yunia di Ambang Juara MTQ Nasional

PADANG, KP – Masih ingat dengan Yunia Safitri? Kisahnya bagaikan pepatah ‘jariah manantang buliah’. Ya, siapa yang bersungguh-sungguh berarti ia sedang meniti jalan menuju kesukseskan. Kini, wanita yang nyaris gagal jadi peserta MTQ Nasional 2020 itu di ambang juara.
Qoriah asal Kabupaten Dharmasraya itu menjadi sorotan jelang gelaran MTQ Nasional ke-28 di Sumbar. Nama Yunia dicoret dari kafilah Sumbar padahal dia merupakan juara MTQ Provinsi Sumbar 2019 yang berhak maju ke level nasional.
Yunia pantang menyerah. Dia datang dan mengadu ke Gubernur Sumbar Irwan Prayitno soal pencoretan itu. Yunia dan sejumlah calon peserta lainnya bahkan sempat mendatangi Ombudsman perwakilan Sumbar untuk membuat aduan serupa.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat ditanya soal Yunia Safitri ketika itu mengatakan pihaknya sudah melakukan kroscek terhadap semua peserta yang telah dipilih untuk MTQ Nasional. Menurutnya, semua sudah melewati prosedur yang ditetapkan oleh pelatih untuk menentukan siapa yang terbaik.
Perjuangannya agar bisa lolos ke MTQ Nasional di Sumbar akhirnya menuai hasil. Yunia akhirnya diputuskan menjadi salah satu anggota kafilah Sumbar pada cabang Tilawah Remaja. Yunia tampil meyakinkan di babak penyisihan dan lolos ke semifinal.Dia bahkan mencatatkan nilai tertinggi di babak semifinal dengan torehan angka 225. Sehingga, berhak tampil di babak final yang berlangsung di Masjid Al Hakim Padang, Kamis (19/11). Selain Yunia, seorang utusan asal Dharmasraya juga lolos ke final.
“Alhamdulillaah. Kedua qori dan qoriah asal Dharmasraya berhasil Iolos ke final. Peluang juara terbuka lebar. Untuk itu, mohon doa seluruh masyarakat, semoga Asraldi dan Yunia Safitri bisa tampil maksimal dan mempersembahkan yang terbaik untuk Sumbar dan tentunya juga untuk Dharmasraya,” kata Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya, Sarbaini, seperti dikutuip dari Langgam.id.
Di babak final, Yunia tampil menggunakan baju bernuansa hitam. Alumni Universitas Negeri Padang (UNP) itu membacakan surat Ar-Ra’d ayat 19 sampai ayat 23 dengan merdu namun tetap khidmat.Kini usaha Yunia tinggal menunggu hasil. Kerja kerasnya untuk berjuang sebagai peserta akan ditentukan oleh dewan hakim. Hasilnya akan dimumkan pada malam penutupan MTQ Nasional di Masjid Raya Sumbar Jumat malam nanti (20/11). (lgm)

Next Post

Persiapan Bimtek PTPS, Bawaslu Pasaman Ikuti Training of Trainer

Jum Nov 20 , 2020
LUBUKSIKAPING, KP – Dalamrangka persiapan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Panwaslu […]