Padang Berupaya Raih Predikat KLA Kategori Utama

PADANG, KP – Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya untuk menjadikan Kota Padang sebagai Kota Layak Anak (KLA) dengan kategori Utama.Sebelumnya, Kota Padang telah mendapat predikat Nindya3 kali pada tahun 2017 hingga tahun 2019. Prediket Nindya ini hanya mampu diraih oleh 20 kabupaten/kota se-Indonesia dari lebih kurang 550 kabupaten/kota se-Indonesia.

Hal itu dikatakan Kabid Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Hanurawan di Padang, Jumat (27/11).

Hanurawan menyampaikan pada penilaian Kota Layak Anak saat ini, di samping ada 5 indikator utama dengan lebih kurang 900 pertanyaan yang harus dijawab.Ada lagi faktor yang cukup penting yang sangat perlu dipenuhi menyangkut kelembagaan berupa peraturan-peraturan dan kebijakan yang berpihak dan mendukung hak-hak anak.

“Di Kota Padang kita telah menambah 2 Perda dan 2 Perwako yang langsung tertuju pada anak,” katanya.

Adapun dua perda tersebut yakni Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Perlindungan Anak dan Perda Nomor 12 Tahun 2019 tentang Kota Layak Anak.

“Sebagai implementasi perda tersebut telah dibuat dua perwako yang dapat menjadi pedoman dan rekomendasi bagi kita dalam pelaksanaan Kota Padang menuju Kota Layak Anak,” jelas Hanurawan.

Dia berharapdengan upaya-upaya yang telah dilakukan ini, pelaksanaan Kota Padang menuju Kota Layak Anak dapat diwujudkan dan Kota Padang bisa meraih prediket Kota Layak Anak kategori Utama. (ip)

Next Post

KPU Padang Terima Surat Suara Pilkada

Sab Nov 28 , 2020
PADANG, KP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang mulai […]