Pandemi Tak Kunjung Usai, Kelaparan Mengancam

JAKARTA, KP – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan dampak krisis akibat pandemi covid-19 yang bekerpanjangan bisa menimbulkan dampak krisis pangan hingga kelaparan. Hal itu merupakan tantangan luar biasa bagi kesehatan, sosial, maupun ekonomi. Menurut dia ancaman krisis pangan telah dikeluarkan Food and Agriculture (FAO) akibat terjadinya gangguan rantai pasok dan logistik dunia.

“Jadi hal ini adalah peringatan dan sangat penting terutama Indoensia yang populansinya banyak dan mempunyai wilayah yang besar,” ujar dia dalam acara Jakarta Food Security Summit 5 secara virtual, Rabu (18/11).

Dia menjelaskan pemerintah saat ini tidak hanya memberi perhatian pada covid-19 namun juga di bidang pertanian dan ketahanan pangan. Menurutnya, pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp99 triliun pada APBNTahun 2021 salah satunya untuk mengantisipasi krisis pangan.

DESA LEBIH TAHAN BANTING

Menurut Sri Mulyani, ketahanan pangan paling kuat justru berada di pedesaan ketimbang di kota-kota besar. Pasalnya sektor pertanian di pedesaan masih mencatatkan pertumbuhan pada kuartal III 2020 sebesar 2,15 persen. Sebab itu pemerintah terus menjaga sektor pertanian di pedasaan dengan memberikan bantuan kepada petani agar dapat terus bertani. Dikatakannya, lebih dari 8 juta masyarakat desa menjadi penerima dari bantuan langsung tunai (BLT). Dari jumlah tersebut, 7,3 juta di antaranya berprofesi sebagai buruh tani dan nelayan.

Dia juga menambahkan, pemerintah akan memberikan dukungan lain yang disiapkan untuk menjaga kinerja pertanian mencakup pengembangan food estate sebagai upaya peningkatan produktivitas dengan anggaran sebesar Rp104,2 triliun pada 2021.

“Seperti penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) pertanian, dan juga pemberian subsidi untuk asuransi pertanian dan peternakan. Total area pertanian yang telah dilindungi asuransi mencapai 807.800 hektare. Dan juga terdapat 76.400 ekor sapi yang dilindungi dalam skema asuransi serupa,”pungkasnya.

Next Post

Macan Dahan ‘Teror’ Palembayan, Tiga Kambing Jadi Korban

Rab Nov 18 , 2020
LUBUKBASUNG, KP – Tiga ekor kambing warga Kampuang Koto, Jorong […]