Pembangunan Kantor Wali Nagari, Inspektorat Lakukan Pendampingan

PARITMALINTANG, KP – Inspektorat Padangpariaman melakukan asistensi atau pendampingan dalam pembangunan Gedung Kantor Wali Nagari Sikucur Utara, Kecamatan V Koto Kampung Dalam. Hal itu dilakukan agar pengelolaan keuangan nagari yang transparan dan akuntabel.

Wali Nagari Nagari Sikucur Utara, Mayunis Alima mengatakan, pembangunan kantor sudah direncanakan sejak tahun lalu dan mulai dilaksanakan tahun ini. Namun, karena masa pandemi Covid-19, pembangunan kantor ditunda menjadi tahun depan.

Dikatakannya, pembangunan kantor wali nagari merupakan kebutuhan yang mendesak karena kantor yang ada saat ini belum representatif.

“Jadi, kita bersama masyarakat sepakat membangun kantor wali nagari yang baru agar lebih nyaman dan representatif,” ujar Mayunis ketika mendampingi Inspektur Hendra Aswara meninjau lokasi pembangunan gedung baru kantor wali nagari di Sikucur Utara, Kec. V Koto Kampung Dalam, Jumat (6/11) lalu

Adapun pembangunan kantor tersebut diatas lahan 30 meter x 30 meter yang merupakan hibah tanah dari wali nagari sendiri. Lokasinya berjarak sekitar 200 meter dari kantor saat ini. Rencananya akan dibangun berlantai dua dengan dana awal sebesar Rp280 juta pada tahun 2021.

“Tadi (kemarin-red) sudah ditinjau langsung oleh pak Inspektur, artinya kami dinagari mohon masukan dan pendampingan selama proses pembangunan berlangsung,” ujarnya.

Sementara itu Inspektur Hendra Aswara mengatakan pendampingan yang dilakukan tugas dari Aparatur Pengawasa Internal Pemerintahan (APIP) khususnya dalam pelaporan penggunaan dana desa.

“Kami siap membantu, memberikan masukan dan pendampingan kepada Wali Nagari. Semoga penggunaan dana desa bisa dilaksanakan sesuai ketentuan,” kata Hendra.

Ia juga apresiasi Wali Nagari Nagari Sikucur Utara yang suka rela menghibahkan tanah miliknya untuk dihibahkan untuk kepentingan umum.

Diharapkan, sistem perencanaan dalam penggunaan dana desa dalam Kabupaten Padangpariaman ke depan harus dilakukan pembenahan. Hal ini penting guna meminimalisir terjadinya penyalahgunaan keuangan negara yang dialokasikan ke nagari sebagai upaya percepatan pembangunan pedesaan tersebut.

Selanjutnya Inspektur Hendra Aswara juga meninjau kebun cabe yang ditanam masyarakat untuk ketahanan pangan masa pandemi Covid-19. (mas)

Next Post

Relawan Demokrasi Diminta Bekerja Maksimal

Ming Nov 8 , 2020
LUBUKSIKAPING,KP-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasamanmeminta para Relawan Demokrasi (Relasi) untuk bekerja maksimal dalam mensosialisasikan Pemilu menjelang pencoblosan 9 Desember 2020 mendatang. Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi mengatakan sebagai mitra KPU, Relasi berperan membantu mensosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera Barat dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman […]