Pembeli Emas Masih Sepi

PADANG, KP – Walaupun harga emas di Pasar Raya Padang menunjukan penurunan daripada harga biasanya, pembeli emas tampak sepi. Pedagang toko emas di Pasar Raya Padang, Raman mengatakan tren penurunan harga emas ini terjadi beberapa minggu belakangan.

Harga emas perhiasan sebelumnya Rp2,350 juta per mas, turun menjadi Rp 2,275 per mas. Sementara itu, emas murni atau emas padu, harga sebelumnya Rp2,3 juta, sekarang Rp2,25 juta.

“Saat harga emas turun biasanya lebih banyak yang beli emas, namun yang terjadi belakangan malah sebaliknya. Lebih banyak orang yang menjual, soalnya ekonomi lagi susah karena covid-19,” kata Raman, Rabu (4/11).

Dibandingkan emas perhiasan, emas murni padu atau emas batangan lebih diminati pembelikarena pemotongannya lebih sedikit.

“Ketika dijual, pemotongan emas murni hanya Rp20.000 per gram dari harga emasnya saat ini, sedangkan pemotongan emas perhiasan Rp50.000,” ujarnya.

TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR RAYA LESU

Assisten II Pemko Padang Endrizal mengakui perekonomian masyarakat Padang menjadi lesu dan menurun dampak covid-19.Menurutnya, transaksi di berbagai pasar tradisional Padang juga mengalami penurunan yang jauh, yakni Rp 1 miliar per bulan.

“Dampak covid-19 di bidang ekonomi, keseharian transaksinya bisa Rp 3 M, saat pandemi puncak kita sudah hitung, kerugian transaksi kurang Rp 1 M baik Pasar Raya dan pasar lainnya,” kata Endrizal, Rabu (4/11).

Menurutnya, data tersebut didapatkan dengan survei atau pengkajian di lapangan oleh Dinas Perdagangan Padang.”Ini bukan hanya perumpaan, namun hasil surves dinas perdagang, begitu juga kondisi sosial yang rentan,” ujarnya.

Endrizal mengatakan untuk mengatasi dampak saat covid-19, diperlukan pengkajian dan inovasi.”Kemudian kaitan dengan ekonomi, apa kira bisa digerakan di masyarakat, dinas koperasi dan UMKM bisa membuat masker yang trend, seperti jilbab atau ada kegiatan lainnya yang bisa didorong,” ujarnya. (ip)

Next Post

Pengadaan Randang MTQ Nasional Senilai Rp1,5 Milliar, Rekanan Sanggah Hasil Lelang

Kam Nov 5 , 2020
PAYAKUMBUH, KP- Salah satu rekanan yang ikut serta dalam proses […]