Pemkab Pasaman Jamin Seluruh Warganya Berobat Gratis

LUBUKSIKAPING, KP – Pemerintah Kabupaten Pasaman akhirnya menjamin kesehatan seluruh warganya lewat kepesertaan JKN KIS BPJS Kesehatan. Hal itu membuktikan bahwa progres pencapaian Universal Health Coverage (UHC) di kabupaten itu telah mencapai 100 persen.

“Alhamdulillah, seluruh warga Pasaman telah dijamin pelayanan kesehatannya dan langsung mendapatkan kartu BPJS saat berobat,” terang Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman dr Rahadian Suryanta Lubis, Minggu (15/11).

dr. Rahadian mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman tetap berkomitmen untuk penjaminan kesehatan (UHC) terhadap masyarakat di daerah itu. “Terkait permasalahan 7.881 jiwa masyarakat yang belum terdaftar dalam program JKN-KIS sudah clear. Mereka sudah dijamin kesehatannya saat berobat ke fasilitas kesehatan. Jadi, tidak ada persoalan lagi untuk itu,” tambahnya.

dr. Rahadian meminta masyarakat tidak perlu merasa cemas lagi. Apalagi sampai menuding pemerintah daerah tidak peduli terhadap nasib rakyatnya sendiri. Sebagai bukti, Pemda tetap berupaya menjamin kesehatan seluruh warganya di luar lima segmentasi peserta JKN-KIS. “Masyarakat harus buang jauh-jauh stigma itu. Pemda tidak akan pernah membuat warganya susah apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, nasib 7.881 jiwa atau 2,5 persen dari total 311.442 jiwa penduduk Kabupaten Pasaman terancam tidak bisa menikmati pelayanan kesehatan secara gratis karena belum terdaftar sebagai peserta JKN KIS.

Saat ini berdasarkan data BPJS Kesehatan, kepesertaan JKN KIS di Pasaman baru mencapai 303.561 peserta dari total 311.442 jiwa penduduk atau 97,47 persen. Kepesertaan JKN KIS itu berasal dari lima segmentasi, yaitu PBI APBN 136.193, PBI APBD 108.964, PPU 32.507, PBPU 21.266, BP 4.631. (nst)

Next Post

KASUS COVID-19 TERUS MENINGKAT, Anggota DPRD Pasaman Sodikin Nursewan Minta Masyarakat Disiplin Prokes

Ming Nov 15 , 2020
LUBUKSIKAPING, KP – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten […]