Pemko Bukittinggi Fasilitasi 5.447 Pedagang Atau UMKM Dapatkan BPUM Pemerintah Pusat

BUKITTINGGI, KP – Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan telah memfasilitasi 5.447 pedagang atau UMKM untuk mendapatkan Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) dari Pemerintah Pusat.

Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi, H. Asri didampingi Kabid Pasar Herman dan Kasi Pembinaan UMKM Asridar kepada KORAN PADANG menyebutkan, dari 5.447 Pedagang atau UMKM yang difasilitasi Dinas Koperasi untuk tahap satu pada Agustus hingga akhir September sebanyak 2.625 pedagang atau UMKM. Kemudian tahap dua periode 1 Oktober hingga 3 November sebanyak 2.313 pedagang atau UMKM dan 869 orang anggota koperasi dari 13 koperasi di Bukittinggi.

Disebutkannya, bantuan sebesar Rp 2.400.000 dari Pemerintah Pusat itu merupakan bantuan yang diberikan kepada pelaku UMKM dalam rangka membantu para pedagang di masa Pandemi Covid-19. “Pedagang yang dapat bantuan tidak saja pedagang kecil yang berjualan di pasar, tetapi juga pedagang yang berjualan di rumah di setiap Kelurahan,” sebutnya.

Kemudian lanjutnya, untuk pelaku UMKM yang ada di pasar difasilitasi Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan. Sesuai kategori yang ditentukan, pedagang atau UMKM yang memiliki aset Rp 50 juta dengan omset maksimal Rp 300 juta setahun, tidak terkait dengan Bank dan memiliki rekening di Bank maksimal Rp 2 juta.

“Sedangkan untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di seputaran Pasa Ateh, Pasa Bawah, Pasa Aua Kuniang dan Pasa Lereang, termasuk pedagang karupuak kuah serta anggota koperasi. Untuk realisasinya langsung kepada pedagang melalui rekening masing-masing dengan bantuan sebesar Rp 2.400.000. Ini tentu diharapkan akan dapat menambah modal usaha para UMKM di masa Pandemi Covid-19 dan usahanya berkembang untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” harap H. Asri diamini Herman dan Asnidar. (eds)

Next Post

Rakor Pengawasan Partisipatif, Panwascam Pariaman Timur Libatkan OKP

Kam Nov 5 , 2020
PARIAMAN, KP – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Pariaman […]