Pemko Solok Bakal Gelar “Innovation Expo”

SOLOK, KP – Pada 16 November mendatang, Kota Solok berumur 50 tahun. Dalam momentum itulah Pemerintah Kota Solok akan menggelar sebuah kegiatan “Innovation Expo”. Dalam rangka memperkuat inovasi meskipun dalam masa pandemi. Kegiatan tersebut digelar Pemko Solok melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok yang direncanakan akan digelar pada 14 hingga 15 Desember 2020.

Ekspo Inovasi tersebut akan dipadu dengan festival ekonomi kreatif. Dalam event tersebut akan ada Konvensi Inovasi, yang saat ini kompetisi inovasi telah berjalan dan diikuti Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota serta Instansi Vertikal di Kota Solok.

Menindaklanjuti rencana tersebut, Penjabat Sementara Walikota Solok Asben Hendri beserta rombongan Pemerintah Kota Solok, melakukan pertemuan dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri dan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) di Jakarta, Kamis dan Jumat (12-13/11).

Dalam pertemuan dengan BPP Kemendagri yang diterima langsung oleh Plh Kepala BPP Kurniasih, di Gedung BPP Kemendagri Jalan Kramat Jaya, Pemko Solok disambut baik dan mendapatkan apresiasi atas rencana Ekspo Inovasi tersebut. BPP Kemendagri menilai, di masa pandemi saat ini, inovasi sangat diperlukan terutama yang sangat berkaitan dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru.

“BPP sangat mendukung inovasi yang dilakukan daerah. Namun jangan sampai berhenti di tataran ekspo, namun harus bisa diaplikasikan dalam kehidupan pemerintahan sehari-hari,” kata Kurniasih, yang juga menyampaikan bahwa BPP tentunya akan bersinergi dengan program-program yang telah direncanakan Kota Solok.

Begitupun ketika Pjs Wako dan rombongan diterima langsung Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI Tri Widodo Wahyu Utomo dan Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN RI Isti Heriani, di Gedung LAN RI Jalan Veteran Jakarta.

“Sebuah kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami atas kesinambungan Kota Solok untuk tetap berinovasi walaupun saat ini di masa pandemi. Sebelumnya Kota Solok sebagai kota pertama yang pernah melaksanakan ekspo inovasi. Alhamdulillah Kota Solok tetap menjaga keberlanjutannya. Kita berharap Ekspo Inovasi ini menjadi branding bagi Kota Solok,” kata Tri.

Dia juga sangat mengapresiasi terhadap perhatian Kota Solok kepada inovasi yang dapat dikatakan telah menjadi laboratorium inovasi di daerah. Apa yang telah dilakukan Solok dengan menyediakan insentif dengan mengirim aparaturnya ke Singapura dalam pembelajaran inovasi daerah, mampu menjadi perhatian bagi daerah lain. (van)

Next Post

KEMBALIKAN EKONOMI MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19, Pjs Walikota Solok Buka Pelatihan Pemandu Wisata

Rab Nov 18 , 2020
SOLOK, KP – Penjabat Sementara Walikota Solok Asben Hendri, membuka Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata di Aula Taufina Hotel, Selasa (17/11). Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvy basri, Kadis Pariwisata, ketua LKAM rusli Khatib Sulaiman dan Narasumber Heldi dari Fakultas Pariwisata Universitas Negeri Padang. Pada kesempatan itu, […]