Pemuda Diharapkan Ikut Berperan Membangun Nagari

PAYAKUMBUH,KP – Walikota Payakumbuh, Riza Falepi mengatakan, ramainya suatu nagari karena pemuda artinya kita sebagai anak nagari Koto Nan Godang diharapkan bisa membangun nagarinya dengan baik dan benar.

Hal itu disampailkan Riza Falepi saat menghadiri Musyawarah Nagari III, Pemuda Paga Nagori (PPN) Koto Nan Gadang, di Balai Adat KAN Nagori Koto Nan Godang, Minggu (29/11).

“Ini menjadi momentum bagi kita untuk bersama-sama bagaimana kedepannya nagari kita ini bisa maju dalam banyak hal terutama bidang pendidikan dan kebudayaaan, sehingga nantinya anak cucu kita bisa tau bagaimana sejarah dari kampung nya sendiri,” jelas Riza.

Selanjutnya Walikota Riza Falepi mengajak dan berpesan kepada Pemuda Nagari Koto Nan Godang, agar bisa menjadi pemimimpin yang baik dalam membangun kampung kedepannnya.

“Walapun membangun di Koto Nan Godang ini cukup sulit, ini saya akui karena banyak hal.  Tapi saya terus berusaha membangun, supaya kampung kita ini bisa maju dan sama dengan daerah lain, walaupun banyak sekali kritik yang datang kepada saya. Untuk itu saya berharap kedepannya mucul pemimpin baru dari nagari kita yang bisa membawa kampung kita ini bisa lebih baik dan maju tanpa melupakan adat dan budaya kita,” pungkas Riza.

Sementara itu Ketua KAN Nagori Koto Nan Godang Dt.Patiah Baringek menginginkan agar Koto Nan Godang harus terus menjunjung tinggi dan melestarikan adat dan budaya Minang, karena itulah yang menjadi modal utama nagari ini sebagai identitas budaya.

“Saya juga sebagai niniak mamak di Nagori Koto Nan Godang ingin bagaimana nagari kita bisa terus melestarikan adat dan budaya dapat terus kita lestarikan, Sumatra Barat (Sumbar) sebagai ranahnya kita orang Minang harus terus menjunjung tinggi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Karena ini menjadi modal utama kita sebagai identitas budaya,” jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut Kabag Kesra Ulfakhri, Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni,Anggota DPRD dari Nasdem Ahmad Rida, dan Ketua Pelaksana PPN Ahmad Ghani. (dst)

Next Post

Harga Jual Pinang Tinggi, Petani Diminta Serius Lakukan Peremajaan

Ming Nov 29 , 2020
LUBUKSIKAPING,KP-Harga jual buah pinang di Kabupaten Pasaman, cukup tinggi sehingga layak apabila para petani membudidayakannya. Harga per kilogramnya untuk buah pinang kering mencapai Rp12 ribu sampai Rp13 ribu. Namun sayangnya sejauh ini masih jarang ada peremajaan pohon pinang di daerah setempat. Salah seorang pedagang usaha buah pinang iris di Lubuksikaping, […]