PENGAWASAN PARTISIPATIF PILKADA 2020, Bawaslu Payakumbuh Gandeng Komunitas Motor dan Mobil

PAYAKUMBUH,KP-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuhmengundang sejumlah komunitas motor dan mobil yang ada didaerah itu untuk menghadiri Rapat Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020.

Selain itu Bawaslu juga mengundang komunitas sepeda dan seni. Kegiatan tersebut digelar di ruang pertemuan Bawaslu Payakumbuh di Jalan Rangkayo Rasuna Said Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur, Rabu (4/11) dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan, jaga jarak, pakai masker dan menyediakan tempat cuci tangan.

Ketua Bawaslu Payakumbuh, M. Khadafi menyebutkan, pelibatan semua unsur dan komponen masyarakat dilakukan dalam pengawasan partisipatif Pilkada 2020 di Kota Payakumbuh, karena semua pihak harus ikut ambil bagian dalam melakukan pengawasan dan pencegahan.

“Sejatinya semuanya harus ikut ambil bagian dalam melakukan pengawasan terhadap setiap tahapan Pilkada 2020. Masyarakat juga bisa ikut dalam melakukan pencegahan, salah satunya dengan mensosialisasikan bahwa pemberi dan penerima uang (money politik-red) dapat dipidana,”ucap Khadafi.

Mantan Ketua KPU Kota Payakumbuh itu juga menambahkan, selain komunitas motor, mobil, seni, skate board pihaknya sebelumnya juga telah melakukan sosialisasi terhadap unsur masyarakat lainnya.

“Kita terus melakukan sosialisasi ke berbagai unsur masyarakat. Sebelumnya kita juga lakukan Sosialisasi pengawasan partisipatif ke Bundo Kanduang, alim ulama, kaum perempuan, pers dan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan,”ucapnya.

Di tempat yang sama Komisioner Bawaslu Maidonamenyebutkan, masyarakat harus terlibat aktif dalam pengawasan untuk melahirkan pemimpin yang berkualitas. Salah satunya dengan mengikuti Sosialisasi ini, dan nantinya setelah kegiatan Sosialisasi mereka bisa menjadi perpanjangan tangan Bawaslu ditengah-tengah masyarakat dan keluarga.

” Pasca kegiatan ini, kita harapkan delapan komunitas yang kita undang bisa menjadi perpanjangan tangan Bawaslu dalam melakukan pengawasan terhadap Pilkada tahun 2020 ini.” Sebutnya. (dho)

Next Post

Dialog Terbuka Benang Kusut Omnibus Law

Rab Nov 4 , 2020
PAYAKUMBUH, KP- Dialog terbuka dengan tema “Benang Kusut Omnibus Law” digelar Aliansi Pergerakan Mahasiswa Payakumbuh Limapuluh Kota di Aula Ngalau Indah Lantai III Balaikota Eks Lapangan Poliko, Rabu (4/11). Dialog dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Payakumbuh Wali Kota Riza Falepi, Kapolres AKBP Alex Prawira diwakili Wakapolres Kompol Jery, Dandim […]