Pilkada 2020 Makin Dekat, Bawaslu :Jangan Lengah

PAYAKUMBUH, KP- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Payakumbuh, M. Khadafi mengingatkan jajaran pengawasan ditingkat kecamatan hingga kelurahan dan pengawas TPS untuk meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2020 yang akan digelar 9 Desember 2020 nanti.

Tidak itu, saja partisipatif dari masyarakat juga diminta untuk terus ditingkatkan terutama bagi mereka yang sebelumnya mengikuti kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020. Terutama terkait antisipasi Politik uang/Money Politik dan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) setiap tahapan Pilkada.

“Pandemi Covid-19 masih menjadi hal yang harus kita waspadai, sebab hingga saat ini jumlah kasus positif terus menjadi penambahan. Namun pengawasan Pilkada harus tetap berjalan, baik pengawasan terhadap tahapan maupun terhadap penerapan prokes,”sebut M. Khadafi saat memberikan dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar 2020 yang digelar di salah satu Hotel di Kawasan Payakumbuh Selatan, Minggu (22/11)

Dikatakan, pemilihan tinggal sekitar 2 Minggu lagi. Setelah pemilihan biasanya akan melahirkan upat dan puji, untuk itu pilihlah calon pemimpin sesuai kriteria yang baik, jangan memilih karena sesuatu apapun, apalagi karena motivasi uang.

“Bagikanlah informasi yang baik ini kesemua level. Bahwa pemberi maupun penerima dalam Politik uang dapat dipidana penjara dan denda,”tandas mantan Ketua KPU Kota Payakumbuh itu.

Beberapa objek pengawasan partisipatif yang dapat dilakukan, terkait data pemilih, masa kampanye, masa tenang, pemungutan dan penghitungan suar serta saat rekapitulasi suara.

Sementara Ketua Panwascam Payakumbuh Barat, Ade Hendra menyebutkan, pihaknya terus melakukan edukasi kepada Jajaran Panwascam hingga ketingkat Kelurahan dan kepada masyarakat yang ada di belasan kelurahan yang ada di Kecamatan Payakumbuh Barat.

“Kita terus maksimalkan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam Pilgub Sumbar tahun 2020 kepada masyarakat di Payakumbuh Barat dengan jumlah pemilih terbanyak di Payakumbuh. Kitajuga mengajak mereka untuk ikut mengawasi penerapan prokes dalam setiap tahapan Pilkada.” Ucap Ade.

Di Panwascam Payakumbuh Barat terdapat 11 orang personil dan seratusan lebih Pengawas Kelurahan (PKD) serta Pengawas TPS yang mencapai 94 orang sesuai banyak TPS yang ada di Kecamatan Payakumbuh Barat.

“Kita memiliki 11 orang personil di tingkat Kecamatan dan seratusan lebih ditingkat Kelurahan dan Pengawas TPS. Hari ini kita undang puluhan peserta dari berbagai unsur masyarakat untuk ikut membantu melakukan Pengawasan dalam Pilkada tahun ini,”tambah Kepala Sekretariat Panwascam Payakumbuh Barat, Abdilah Raziq Rahman.

Selain Ketua dan Anggota Panwascam Payakumbuh Barat, kegiatan sosialisasi tersebut juga menghadirkan Bawaslu sebagai narasumber. (dst)

Next Post

BAWA PRESTASI NASIONAL, Kafilah MTQ Sumbar Asal Tanahdatar Diganjar Reward Umrah

Ming Nov 22 , 2020
BATUSANGKAR, KP – MTQ Nasional XXVIII Sumatra Barat (Sumbar) di […]