Puluhan Resimen Mahasiswa Pagaruyung Sumbar Ikuti Diklatsar Militer

BATUSANGKAR, KP – Sekitar 27 Resimen Mahasiswa (Menwa) Pagaruyung Sumatra Barat mengikuti pendidikan dan latihan dasar militer angkatan ke 42 tahun 2020, di Makodim 0307 Tanahdatar.Pendidikan dan latihan yang dibuka Komandan Rensimen Pagaruyung Sumatra Barat Wahyu Iramana Putra itu, berlangsung selama sepuluh hari, mulai dari Sabtu (14/11) hingga Selasa (24/11) mendatang.

Dalam amanatnya, Wahyu Iramana Putra menekankan kepada seluruh peserta dalam menjalani pendidikan dan latihan agar mengikuti seluruh intruksi dan aturan yang diterapkan. “Di luar sana mereka (mahasiswa) mungkin bisa melakukan apa saja, tetapi tidak semua mahasiswa dapat merasakan apa yang kalian rasakan. Untuk itu semua instruksi dan aturan dari para pendamping, pelatih, pembina diikuti. Karena pada dasarnya pemimpin yang dapat dicontoh adalah pemimpin yang dapat memberikan teladan kepada anak buahnya,” ujar Wahyu.

Kepada para pelatih, Wahyu juga mengajak untuk memberikan pembekalan dan keterampilan-keterampilan sesuai standar latihan yang telah ditetapkan sehingga mencapai sasaran maksimal. “Disiplin waktu harus ditegakkan dan harus tepat waktu. Sebab TNI adalah tepat waktu, tidak bisa main-main dengan waktu dan disiplin yang kuat itulah TNI, ” tuturnya.

Sementara itu Dandim 0307 Tanahdatar, Letkol Inf Wisyudha Utama diwakili Kasdim 0307/TD Mayor Inf Munawar mengatakan, pelatihan yang digelar guna menumbuhkan dan menanamkan rasa cinta tanah air. “Kegiatan ini diikuti sebanyak 27 orang mahasiswa yang berasal dari 4 Universitas, yaitu Unand, STKIP, ISI dan Tamsis.


Di samping itu Kapten Kav Hendra menjelaskan, Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer. “Menwa adalah salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer dan juga salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata),” pungkasnya. (nas)

Next Post

13 Capim Baznas Sijunjung Tunggu Hasil Seleksi

Ming Nov 15 , 2020
SIJUNJUNG, KP – Sebanyak 13 orang Calon Pimpinan (Capim) Badan […]