RAPAT PARIPURNA PAW DPRD KOTA SOLOK, Nurnisma dan Andi Marianto Resmi Dilantik

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok melantik dan mengambil sumpah Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Solok, Nurnisma dan Andi Mariantodalam Rapat Paripurna yang digelar di Ruang Sidang Paripurna, DPRD Kota Solok, Selasa (10/11).

Paripurna tersebut dihadiri Pimpinan DPRD Kota Solok, Bayu Kharisma, Wakil Ketua Efriyon Coneng, serta seluruh anggota DPRD kota Solok, turut hadir Pjs Walikota Solok, Kapolres Solok Kota, Kajari Solok, Dandim 0309, BUMN, BUMD, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan tamu undangan lainnya.

Sesuai peraturan tata tertib DPRD, sebelum memangku jabatannya, anggota DPRD PAW mengucapkan sumpah yang pengucapannya dipandu oleh pimpinan dalam rapat paripurna, atas dasar tersebut pengucapan sumpah dijalankan.

PAW Nurnisma dan Andi Marianto ini, merupakan proses penggantian dari anggota DPRD Kota Solok periode 2019-2024, Yutris Can dan Ramadhani Kirana Putra, dimana keduanya berasal dari Partai Golkar dan daerah pemilihan (dapil) yang sama yaitu Kecamatan Lubuk Sikarah. Keduanya mengajukan pengunduran diri sebagai anggota dewan karena maju sebagai pasangan calon dalam Pilkada Kota Solok 2020.

Sebelumnya Yutris Can menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Solok selama tiga periode berturut – turut, sedangkan Ramadhani Kirana Putra juga telah menjadi anggota DPRD Kota Solok selama dua periode, dengan jabatan terakhir yaitu sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar dan Ketua Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Kota Solok masa jabatan 2019 – 2024.

Dalam rapat paripurna dengan agenda pelantikan dan pengambilan sumpah yang terbuka untuk umum itu, Bayu Kharisma sebagai Pimpinan Rapat Paripurna mengatakan, pihaknya berharap dengan bergabungnya Nurnisma dan Andi Marianto ke DPRD Kota Solok dapat memperkuat pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan secara konstitusional DPRD Kota Solok.

Bayu Kharisma mengatakan, rancangan kerjasama antar pemerintah daerah, yang membebani masyarakat dan daerah dan fungsi anggaran yang dilakukan adalah membahas RAPBD yang diajukan oleh Pemerintah Daerah. Adapun pengawasan yang dilakukan diwujudkan dalam mengawasi pelaksanaan Perda dan APBD.

Ketentuan mengenai tata cara pelaksaaan tugas dan sebagaimana yang telah diketahui bersama, Dewan Perwakilan yang diajukan oleh Kepala Daerah, serta memberikan pendapat, pertimbangan serta persetujuan terhadap rakyat, mempunyai tugas dan fungsi sebagaimana diatur dalam pasal 149 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, yaitu fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan.

“Fungsi legislasi ini berupa membentuk Perda bersama Kepala Daerah, melakukan pembahasan terhadap Ranperda wewenang DPRD ini telah tertuang dalam suatu Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Solok No 1 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib DPRD Kota Solok,” kata Bayu.

Sehubungan dengan terjadinya pemberhentian antar waktu terhadap Yutris Can dan Ramadhani Kirana Putra, yang mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Kota Solok, karena mengikuti tahapan Pilkada Tahun 2020, yang mengharuskan mundur.

Maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang bersangkutan harus berhenti menjadi anggota DPRD, dengan demikian terjadi kekosongan anggota dan untuk mengatasi kekosongan tersebut, maka di ajukanlah proses PAW anggota DPRD, sebagaimana yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018, sejak saat itu dilakukanlah tahapan proses PAW anggota DPRD Kota Solok dengan usulan yang disampaikan oleh Partai Golkar Solok.

Dalam proses PAW ini sebagai mana yang diatur oleh Undang – Undang, DPRD hanya berperan menjadi perantara, setelah semua persyaratan yang diminta telah terpenuhi oleh calon PAW, maka pada 9 oktober 2020 berkas disampaikan DPRD Kota Solok kepada Gubernur Sumbar melalui Walikota Solok guna minta Keputusan Pemberhentian dan PAW Anggota DPRD Kota Solok.

“Dari usulan yang disampaikan DPRD tersebut, maka keluarlah Keputusan Gubernur Sumbar tentang pemberhentian dan pengangkatan PAW anggota DPRD Kota Solok,” kata Bayu.

Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018, setiap kegiatan kedewanan harus dijadwalkan dan ditetapkan melalui rapat Badan Musyawarah DPRD Kota Solok.

“Atas nama lembaga DPRD Kota Solok saya pimpinan rapat memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Yutris Can dan Ramadhani Kirana Putra yang telah melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota DPRD selama ini, semoga atas segala pengabdian dan jasa-jasa kepada masyarakat dan Pemkab Solok dicatat sebagai amal ibadah,” kata Bayu.

Usai pelantikan Anggota DPRD Kota Solok yang baru, langsung mengikuti kegiatan kedewanan yaitu Rapat Paripurna dengan agenda mendengarkan tanggapan Pemerintah terhadap Pandangan Fraksi atas Ranperda tentang APBD Kota Solok Tahun Anggaran2021.(van/adv)

Next Post

ANTISIPASI ANCAMAN BENCANA, Solsel Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam

Rab Nov 11 , 2020
PADANGARO, KP – Pjs Bupati Solok Selatan (Solsel), Jasman Rizal menjadi Inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Bupati, Selasa (10/11). Upacara digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan dan berlangsung khidmat. Dalam kesempatan Itu, Jasman membacakan sambutan Menteri Sosial Juliari P Batubara, dimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun […]