Ratusan ASN Kemenag Pasaman Ikuti Ujian Asesmen Kompetensi

LUBUKSIKAPING, KP – Sebanyak 160 orang Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman mengikuti kegiatan asesmen kompetensi selama dua hari, mulai Sabtu hingga Minggu (21-22/11).
Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia oleh Kementerian Agama (Kemenag) itu, dilakukan di dua tempat yang berbeda yakni di Aula Labor komputer MAN 1 Pasaman, dan MTsN 1 Pasaman.
“Selama dua hari kemarin, 160 orang Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah dilingkungan Kemenag Pasaman mengikuti kegiatan asesmen kompetensi,” ujar Kepala Kantor Kemenag Pasaman, Dedi Wandra melalui Kasi Pendidikan Madrasah, Nafrizal M.M.Ppd di Lubuksikaping, Senin (23/11).
Sebanyak 160 peserta yang mengikuti asesmen itu, diantaranya mengikuti Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP).
Kata Nafrizal, kegiatan asesmen kompetensi di Pasaman ini diikuti di dua lokasi yakni, Aula Labor konputer MAN 1 Pasaman diikuti sebanyak 135 orang, dan di MTsN 1 Pasaman sebanyak 125 orang.
Nafrizal mengatakan, asesmen kompetensi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan gambaran informasi umum kompetensi para Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah sesuai standar yang telah ditetapkan.
“Asesmen juga penting untuk memetakan sebaran dan kompetensi mereka sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB),” terangnya.
Selain itu, Asesmen pun bisa untuk menyusun rapor kompetensi yang akan menjadi acuan pihak terkait dalam pengembangan keprofesionalan Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah.
Ia juga menambahkan, asesmen kompetensi akan diikuti oleh semua jenjang Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah di daerah ini, mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) yang memenuhi persyaratan.
“Guru Ml misalnya, adalah mereka yang mengampu mata pelajaran guru kelas. Guru MTs, mereka yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA Terpadu, dan Bimbingan dan Konseling. Guru MA adalah pengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Bimbingan dan Konseling,” jelasnya.
Ia menambahkan, asesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah itu sangat penting. Sebab mereka menjadi penentu kualitas penyelenggaraan pembelajaran di madrasah. “Dan, hasil asesmen ini akan menjadi dasar kebijakan kemenag,” tukasnya. (hri)

Next Post

Resimen Mahasiswa Disiapkan Jaga Iklim Keamanan Kampus

Sen Nov 23 , 2020
BATUSANGKAR, KP – Pendidikan Dasar dan Militer bagi Resimen Mahasiswa […]