Satpol PP Kerahkan Praja Wanita untuk Antisipasi Penyalahgunaan Trotoar

PADANG, KP – Satpol PP Kota Padang menempatkan Tim Praja Wanita di sejumlah titik yang dianggap rawan terhadap pelanggaran perda, seperti di trotoar dan pedestrian pada sejumlah ruas jalan yang rentan disalahgunakan pedagang untuk berjualan.

“Hal ini merupakan upaya mengembalikan hak pedestrian. Dalam pengawasan ini praja wanita memberikan peneguran secara persuasif dan humanis terhadap PKL maupun parkir liar yang memakai trotoar,” ujar Kasatpol PP Kota Padang Afriadi, Selasa (24/11).

Menurutnya, penempatan praja wanita itu guna memastikan fasilitas umum dan fasilitas sosial betul-betul digunakan sebagaimana mestinya oleh masyarakat. Kegiatan ini akan terus berlanjut secara bertahap di seluruh pedestrian yang ada di Kota Padang,” ujarnya.

Ia mengakui saat ini masih banyak penyalahgunaan fungsi trotoar oleh masyarakat dan tidak sedikit trotoar yang digunakan sebagai tempat untuk berjualan serta meletakkan barang-barang dagangan, pemasangan iklan, hingga parkir liar. Dijelaskannya, larangan penyalahgunaan trotoar berdasarkan Perda Nomor 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat selalu mematuhi aturan yang ada dengan tidak menggunakan trotoar yang telah tertata untuk kepentingan pribadi. Sebab, trotoar berfungsi untuk keselamatan pejalan kaki. Sekadar informasi, panjang trotoar yang sudah dibenahi Pemko Padang lebih kurang 8,8 kilometer yang tersebar disejumlah titik di Kota Padang. (mas)

Next Post

Pembangunan Youth Centre Dimulai Pekan Depan

Sel Nov 24 , 2020
PADANG, KP – Pembangunan Youth Centre di Parak Sigoro, Kelurahan […]