Seleksi CPNS Dibuka Lagi

JAKARTA, KP – Seleksi CPNS besar-besaran akan dibuka kembali pada tahun depan.Rencananya seleksi CPNS akan digelar awal Maret 2021. Selain itu pemerintah juga bakal merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Andi Rahadian mengatakan pembukaan lowongan CPNS dan PPPK ini mempertimbangkan jumlah kebutuhan pegawai di instansi pemerintahan.

Berdasarkan data terakhir disebutkan bahwa sebanyak 11.580 formasi CPNS 2019 kosong. Kekosongan formasi CPNS 2019 itu dapat dipertimbangkan untuk dialihkan ke formasi tahun 2021.

Andi Rahadian mengatakan pihaknya masih melakukan penyusunan jumlah formasi CPNS untuk tahun depan. Sehingga pengumuman pembukaan menungggu proses penyusunan rampung.

Menurutnya, saat ini pemerintah juga tengah fokus pada penyelesaian rangkaian penerimaan CPNS tahun anggaran 2019. Mengingatrangkaian penerimaan CPNS 2019 sempat tertunda karena beberapa hal, terutama karena pandemi covid-19.

Diketahui, proses seleksi CPNS 2019 sudah sampai pada tahap pengumuman. Kemudian para peserta yang lolos diminta untuk melengkapi berkas-berkas melalui website SSCN BKN.Sementara bagi mereka yang tidak lolos pun masih mempunyai peluang karena disediakan masa sanggah. Namun bagi mereka yang keberatan harus mengajukan surat keberatan kepada panitia seleksi nasional (panselnas).

TIDAK ADA LOWONGAN BAGI TENAGA ADMINSITRASI

Andi Rahadian mengatakanpemerintah tidak akan membuka lowongan CPNS untuk tenaga adminsitrasi. Karena pada tahun inipemerintah akan memprioritaskan tenaga teknis untuk mendukung pembangunan nasional.

“Tenaga teknis yang dimaksud yakni untuk mendukung arah dan prioritas pembangunan nasional dan potensi daerah, namun bukan tenaga administrasi,” ujarnya.

Selain itu, ada dua formasi yang akan menjadi prioritas pemerintah pada tahun depan. Yakni untuk mengisi tenaga pengajar atau guru serta tenaga kesehatan yang saat ini masih kekurangan pegawai yang berstatus PNS.

FORMASI CPNS 2021 BERDASARKAN PNS YANG PENSIUN

Pembukaan CPNS pada tahun depan diperkirakan akan lebih besar dibandingkan tahun 2019. Penetapan formasi juga akan memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah menghitung jumlah pegawai yang akan pensiun pada tahun lalu, tahun ini, hingga tahun depan.

Berdasarkan data, terdapat 487.960 pegawai yang akan pensiun dan sudah pensiun.Angka itu terdiri dari 180.905 pegawai yang pensiun pada tahun 2019 dan 144.571 pegawai yang pensiun tahun ini. Sedangkan untuk tahun depan diperkirakan ada sekitar 162.484 pegawai yang akan pensiun.

Jika dibedah secara rinci, jumlah pegawai yang pensiun pada 2019 adalah karena sudah memenuhi batas usia pensiun (BUP) dan non-BUP. Untuk pegawai yang pensiun karena sudah batas umurnya ada sekitar 154.816 pegawai dan non-BUP adalah sebanyak 26.089 pegawai.

Sedangkan pada 2020, jumlah pegawai yang pensiun karena BUPsebanyak 124.896 pegawai. Dan pegawai yang pensiun karena non bup adalah sebanyak 19.675 pegawai.

Sebagai informasi, yang dimaksud PNS pensiun karena BUP adalah ketika umurnya sudah mencapai batas. Biasanya BUP dari PNS sendiri beragam dari mulai 56,58,60,63,65, hingga 70 tahun.Sedangkan PNS yang pensiunan non-BUP ini disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya karena kemauan sendiri, takdir karena sakit atau meninggal dunia, restrukturisasi dinas, hingga karena diberhentikan dengan tidak hormat. (ozc)

Next Post

HUT PGRI Cabang Gunung Talang Dipusatkan di SMA 2 Sumbar

Sel Nov 10 , 2020
SOLOK, KP – Dalam rangka memeriahkan HUT PGRI ke-75 dan Hari Guru Nasional (HGN). Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok diwakili Ketua PGRI Kabupaten Solok DR. Asrinur, membuka Diklat Pembuatan Video Pembelajaran PGRI Cabang Gunung Talang di SMA 2 Sumbar, Jalan Baru Nagari Koto Gaek Guguak, Senin (9/11). […]