Sumbar Juara Umum MTQ

SYUKUR alhamdulillah, Kafilah Sumbar berhasil keluar sebagai Juara Umum MTQ Nasional ke-28, yang acaranya ditutup Jumat tadi malam (20/11). Prestasi ini tentunya sangat membanggakan. Sebab, Sumbar langsung melejit ke posisi puncak setelah pada MTQ ke-27 di Sumatra Utara tahun 2018 hanya berada di peringkat 14.
Allah memperlihatkan kekuasaannya bagi umat yang selalu bersyukur kepada-Nya. Bayangkan saja, disaat dunia sedang menghadapi pandemi covid-19 yang luar biasa, ternyata Sumbar mampu menggelar iven nasional bidang keagamaan yang berlangsung dengan sukses, termasuk sukses meraih prestasi secara spektakuler. Selama sepekan lebih lamanya, alunan Kitab Suci Alquran dilantunkan dengan suara memukau oleh putra-putri terbaik daerah ini di sejumlah venue yang tersebar di Kota Padang.
Keberhasilan Sumbar pada MTQ bergengsi ini jelas bukan suatu kebetulan. Bukan pula karena sebagai tuan rumah. Tapi merupakan bukti nyata kerja panitia yang dikoordinir langsung Gubernur Irwan Prayitno. Sehingga target yang dicanangkan berhasil dicapai, bahkan melampaui ekspektasi. Juara bukanlah suatu hadiahtapi bukti dari hasil kerja yang dilakukan secara bertahap, terencana, dan terstruktur.
Dengan segala keterbatasan akibat pandemi, Sumbar terus berusaha jadi tuan rumah terbaik dalam MTQ ke-28 ini. Tentu tanpa disadari, tak disengaja dan tak terduga, ada juga terselip kelemahan. Ibarat ‘baralek’, ada piring yang pecah atau duduk tamu tidak pada tempatnya. Untuk hal yang demikian, ‘mohon maaf pada tamu kami, sabaleh jo kapalo’.
Dari MTQ ke-28 ini, pantas kita jadikan cemeti untuk semakin maksimal ‘membumikan’ Alquranul Karim di tengah warga Sumbar yang religius. Jumlah lembaga pendidikan Alquransemakin banyak. Yang buta baca tulis Alquran perlu jadi perhatian bersama dalam mengatasinya. Guru TPA pantas dimaksimalkan kesejahteraannya. Semua itu pantas jadi salah satu program unggulan masing-masing nagari yang ada di Sumbar. Bahkan,sudah selayaknya Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) di komplek PGAI Sumbar dimodernisasiagar lebih membanggakan lagi.
Kesuksesan MTQ Nasional ke-28 di Sumbar merupakan ‘kado indah’ bagi Gubernur Irwan Prayitno setelah dua periode jadi tungganai di tanah bertuah ini. Maaf, tanpa mengkultuskan Pak Gubernur Irwan, sejak era Pak Harto jadi Presiden, baru saat inilah Sumbar mampu meraih juara umum MTQ nasional. Tentu kita berharap, siapapun dari empat calon gubernur mendatang yang terpilih nanti, diharapkan pembinaan kegiatan ke-Islaman di Sumbar semakin lebih baik. Yang jelas kemajuan daerah ini sangat erat hubungannya dengan kepemimpinan gubernur penerus kepemimpinan Irwan Prayitno. Insya Allah keinginan dan harapan itu diridhai Allah SWT. Aamiin. *

Next Post

Peluang Merebut Puncak Klasemen

Jum Nov 20 , 2020
LONDON, KP – Pertandingan seru betajuk big match terjadi pada pekan kesembilan Premier League yang mempertemukan Tottenham vs Manchester City. Kedua tim memang tak punya sejarah rivalitas di atas lapangan, namun rivalitas terjadi di bangku cadanganketika Jose Mourinho akan melawan Pep Guardiola. Laga di Tottenham Hotspur Stadium Minggu dinihari (22/11) […]