TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN, KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

SOLOK, KP – Komisi Pemilihan Umum Kota Solok melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 di TPS. Kegiatan tersebut diselenggarakan di GOR Tanjung Paku, Sabtu (21/11) lalu. Turut hadir pada kegiatan itu Pjs Walikota Solok Asben Hendri, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, mewakili Dandim 0309 dan Komisioner KPU Provinsi Sumatra Barat, Amnasmen.

Di samping itu, pelaksanaan simulasi pemilihan serentak tersebut dimonitor KPU Republik Indonesia dan dilaksanakan juga pembukaan acara secara serentak.

Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil mengatakan, pihaknya ingin memberikan pemahaman utuh kepada jajaran penyelenggara di bawah, khususnya KPPS. Agar memastikan seluruh jajaran memahami alur dan mekanisme pemilihan yang akan dilakukan sesuai Prokes Covid-19.

Asraf Danil mengatakan, pemilihan tahun ini dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19, sehingga penting untuk semua pihak memahami adaptasi baru di TPS terkait penerapan Prokes. Kemudian jumlah pemilih juga dibatasi maksimal 500 orang per TPS.

Dijelaskannya, akan dilaksanakan rapid test terlebih dahulu terhadap seluruh petugas KPPS dan petugas ketertiban sebelum bekerja, surat pemberitahuan memilih akan mengatur jadwal kedatangan pemilih ke TPS. Sebelum TPS dibuka dan dimulai, akan disemprotkan disinfektan terlebih dahulu dan selalu didisinfeksi secara berkala, area lokasi TPS diatur jarak minimal 1 meter.

Kemudian setiap pemilih sebelum masuk lokasi TPS akan dicek suhu tubuh dan diperintahkan mencuci tangan terlebih dahulu serta diberikan sarung tangan sekali pakai. Bagi pemilih yang tidak menggunakan masker akan diberikan masker serta penggunaan tinta dengan cara diteteskan. “Suksesnya Pilkada yang dilaksanakan ini tergantung kepada kita untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, selalu menggunakan masker, sering mencuci tangan dan adaptasi kebiasaan baru lainnya,” kata Asraf.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, KPU Kota Solok berharap seluruh kegiatan Pilkada Kota Solok yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang dapat berjalan dengan sebaiknya. (van)

Next Post

Jelang Pilkada, Pemko Solok Sosialisasikan Prokes pada Masyarakat

Rab Nov 25 , 2020
SOLOK, KP – Dalam rangka pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember mendatang yang sebentar lagi akan dilakukan meski dalam kondisi Pandemi Covid-19. Pemerintah Kota Solok melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), melakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan kepada masyarakat Kota Solok, Senin (23/11) di Taman Syech Kukut, Kota […]