Tradisi Malamang dan Bajamba Perkuat Pendidikan Karakter di Padangpariaman

PARITMALINTANG, KP – Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar, Serda Erry bantu warga di daerah binaan dalam prosesi malamang di Korong Sungai Batuang, Nagari Padang Kandang Pulau Air, Rabu (18/11).

Salah seorang warga, Lastri mengatakan, kegiatan malamang (memasak ketan dalam bambu dengan cara dibakar) dan bajamba itu memang sangat efektif dalam membangun kekompakan masyarakat. “Sebab kegiatan itu tidak bakal berjalan tanpa kekompakan. Budaya malamang dan bajamba membangkitkan budaya masyarakat Padang pariaman yang telah lama secara turun temurun,” ulasnya.

Ia mengatakan, kegiatan malamang dan bajamba merupakan tradisi budaya warga Padangpariaman yang biasanya dilakukan pada acara yang diselenggarakan warga setempat. “Malamang dan bajamba tersebut penting dipertahankan sehingga tradisi tersebut dapat dirasakan oleh generasi selanjutnya,” tuturnya.

Lanjutnya, kegiatan tersebut juga dapat mempertahankan tradisi, makanan tradisional, serta menciptakan karakter positif kepada masyarakat. Sebab kegiatan tersebut meminta kebersamaan dan kekompakan masyarakat. “Kalau tidak kompak maka hasilnya tidak akan bagus dan kami tidak menyentuh sedikitpun dana nagari, karena kegiatan ini memang keinginan bersama masyarakat. Terlebih pelaksanaannya bertepatan dengan Maulid Nabi,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, malamang merupakan kegiatan membuat salah satu makanan tradisional yang disebut lamang atau lemang dan biasanya dibuat secara bersama-sama. Sedangkan bajamba adalah tradisi makan yang dilakukan orang Minangkabau dengan cara duduk bersama dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.

Sementara itu Wali Nagari Padang Kandang Pulau Air, Danil mengatakan, pihaknya terinspirasi mengadakan melamang karena kondisi sosial dan budaya masyarakat di Padangpariaman yang mendukung, terlebih adanya Maulid Nabi Muhammad yang identik dengan malamang. “Melamang itu setiap tahun diadakan, masyarakat mengatakan kegiatan tersebut bermanfaat, karena itu orang tua dan generasi muda mendukung pelaksanaannya sehingga masyarakat secara kompak membuat lamang dan jamba,” pungkasnya. (war)

Next Post

Polres Pariaman Adakan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Personel

Rab Nov 18 , 2020
PARIAMAN, KP – Polres Pariaman adakan pemeriksaan kesehatan rutin bagi 55 orang personel aktif di aula Mapolresta Pariaman, Rabu (18/11). Kapolres Pariaman, AKBP Deny Rendra Laksmana mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi anggotanya dilakukan secara berkala. “Setiap 6 bulan sekali, institusi kepolisian melaksanakan cek kesehatan guna memonitor dan mengetahui serta merawat kesehatan […]