TRAGEDI DI SUNGAI LUBUK BETUNG PESSEL Lima Wanita Hanyut, 4 Tewas, Satu Hilang

PAINAN, KP – Sebanyak lima orang perempuan hanyut terbawa arus aliran sungai di Nagari Lubuk Betung Inderapura, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (26/11) sekitar pukul 14.00 WIB. Para korban diketahui sedang menyeberang sungai usai pulang dari ladang jagung.

Dalam peristiwa ini, empat orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Sedangkan satu korban lainnya masih dinyatakan hilang. Tim gabungan bersama masyarakat setempat hingga kemarin masih melakukan pencarian.

“Para korban ini pulang dari ladang, lalu menyeberang sungai. Seluruh korban perempuan, satu di antaranya berstatus pelajar,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Herman Budiarto,Jumat (27/11).

Ia menerangkan para korban menyeberang aliran sungai mengunakan ponton atau sejenis rakit. Ponton itu ditarik menggunakan seutas tali. Namun saat menyebarang tali itu putus. Diduga kondisi tali sudah lapuk ditambah air yang deras. Akibatnya ponton terbalik dan para korban tercebur ke dalam sungai lalu dihanyutkan arus.

Para korban yang telah ditemukan namun meninggal dunia yaitu Eli Murni (48 tahun), Imar (50 tahun), dan satu orang berstatus pelajar yaitu Nesi (18 tahun) pada Kamis (26/11) beberapa jam pasca-kejadian. Sementara korban atas nama Noromi (50 tahun) ditemukan Jumat siang (27/11). Sedangkan korban yang belum ditemukan adalah Nimar (50 tahun).

“Jasad empat korban ditemukan sekitar beberapa kilometer dari awal lokasi kejadian. Sekarang anggota saya dan masyarakat setempat masih melakukan pencarian terhadap satu korban yang masih hilang,” katanya seperti dilansir Langgam.id

Sementara, Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Padang mengerahkan enam personel dan satu perahu karet untuk melakukan operasi pencarian terhadap korban. Para personel berangkat Kamis malam (26/11) menuju Kabupaten Pesisir Selatan.

“Anggota sudah berangkat (ke Pesisir Selatan). Ada enam personel yang dikerahkan untuk mencari dua korban yang informasi masih hilang,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang, Asnedi.

Hingga berita ini diturunkan tim SAR masih melakukan pencarian secara intensif terhadap korban Nimar (50 tahun) dengan menyusuri Sungai Lubuk Betung bersama tim BPBD Pesisir Selatan, TNI, Polri dan warga setempat. (lgm)

Next Post

Gubernur Irwan Prayitno Panen Ikan Kerapu Siap Ekspor

Sab Nov 28 , 2020
PESISIRSELATAN, KP – Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatra Barat Yosmeri, melakukan panen raya ikan kerapu di Kawasan Mandeh, Jumat (27/11). Setidaknya, 15 ton ikan kerapu akan dipanen di Kawasan Mandeh yang siap ekspor. Gubernur yakin, program budidaya ikan kerapu sangat membantu masyarakat […]