Universitas Terbuka Serahkan Ijazah kepada Ratusan Wisudawan

PADANG, KP – Plt Wali Kota Padang Hendri Septa menghadiri kegiatan upacara penyerahan ijazah (UPI) oleh Unit Program Belajar Jarak Jauh-Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Kota Padang, Minggu (29/11).Acara penyerahan ijazah bagi para lulusan sarjana dan pasca sarjana tahun akademik 2019/2020 semester II itudilaksanakan di Kampus UT Padang, Jl. Bypass Sungai Sapih, Kuranji.

Secara umum kegiatan ini dilakukan secara daringserentak se-Indonesia. Setidaknya untuk Sumbar ada 500 ijazah mahasiswa yang diserahkan yang tersebar di 19 kabupaten/kota.

Plt Wako Hendri Septa mengatakan, atas nama Pemko Padang tentu sangat menyambut baik digelarnya wisuda bagi mahasiswa UPBJJ-UT Kota Padang yang kedua tahun akademik 2019/2020 tersebut.

Sementara, Wakil Rektor UT Muzammil menyampaikan pada kegiatan upacara penyerahan ijazah bagi tamatan UT kali ini terasa istimewa karena untuk pertama kalinya dilaksanakan secara virtual karena pandemi covid-19.

“Sebagai pelopor pendidikan jarak jauh di Indonesia, kita bersyukur UT terus berkembang dan kiprahnya dalam membangun bangsa melalui peningkatan kualitas SDM di seluruh pelosok negeri tidak diragukan lagi. Hal ini juga semakin terasa di masa pandemi Covid-19, model pendidikan jarak jauh menjadi solusi yang paling memungkinkan dalam menyikapi situasi dan kondisi saat ini,” ujarnya.

Direktur UT Kota Padang Yusrafiddin menyebutkan pada upacara penyerahan ijazah tersebut ada 4 fakultas dan 1 program pasca sarjana. Keempat fakultas tersebut yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Disebutkan, UT masih banyak diminati sampai saat ini. Selain biaya kuliahnya murah, perguruan tinggi negeri tersebut memiliki kualitas yang tidak kalah dari PTN lainnya. “Hal itu dibuktikan pada penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2019 lalu sebagian besar mereka yang lulus pegawai negeri tersebut adalah alumnus UT,” ujarnya.

Untuk mahasiswa UT kata dia, tidak ada pembatasan usia, yang penting setiap sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat). “Selain biaya sangat murah, mahasiwa pun tidak diwajibkan datang ke kampus seperti perguruan tinggi lainnya. Ini salah satu keunggulan UT,” tambahnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kesepahaman kerja atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemko Padang dengan UPBJJ-UT Kota Padang yang ditandatangani Plt. Walikota Padang Hendri Septa didampingi Kabag Kerjasama Erwin bersama Wakil Rektor UT Muzammil. Juga ikut menyaksikan Direktur UPBJJ UT Kota PadangHj. Yusrafiddin.(mas)

Next Post

Baznas Tanahdatar Salurkan Bantuan Pendidikan Rp 1.888.000.000

Sen Nov 30 , 2020
BATUSANGKAR, KP – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanahdatar menyalurkan bantuan pendidikan sebesar Rp 1.888.000.000 kepada 4.345 siswa SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Tanahdatar. Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis di MTs Muhammadiyah Lima Kaum, Senin (30/11). Bupati Tanahdatar diwakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, dalam sambutannya memberi apresiasi atas terlaksananya […]