Warga Daerah Tertinggal Tumpangkan Harapan ke NA-IC

SOLOK, KP -Warga Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok, berharap Nasrul Abit dan Indra Catri mengeluarkan nagari itu dari “status” tertinggal. Tokoh muda Nagari Sarik Alahan Tigo, Zul Akmal, mengatakan daerah tersebut membutuhkan perhatian yang lebih dari pemerintah daerah agar ke luar dari “status” tertinggal.

“Yang paling penting dan dibutuhkan saat ini adalah jaringan seluler,” katanya saat berdiskusi dengan calon Wakil Gubernur Sumbar, Indra Catri, Rabu (18/11).

Ia menyebut bahwa di Sarik Alahan Tigo itu tidak ada jaringan seluler, apalagi internet. Hal itu membuat nagari tersebut terilosasi di sektor informasi dan kemajuan teknologi.

Menurutnya saat ini jaringan internet sangat dibutuhkan karena mahasiswa dan pelajar harus belajar dalam jaringan (online) dalam masa pandemi Covid-19. Karena itu, masyarakat menumpangkan harapan kepada Indra Catri untuk memperjuangkan hal tersebut ketika terpilih dalan Pilgub Sumbar 2020.

“Selain persoalan jaringan, di sini infrastruktur juga harus diperbaiki. Jalan di Nagari Sarik Alahan Tigo cukup memprihatinkan. Tidak perlu kami jelaskan panjang lebar karena Pak Indra Catri tadi sudah melalui jalan tersebut,” tutur Zul Akmal.

Tentang dukungan kepada Nasrul Abit dan Indra Catri dalam Pilgub Sumbar, Zul menyebut bahwa masyarakat Nagarai Sarik Alahan Tigo bersedia memberikan suara kepada pasangan tersebut.

Indra Catri mengakui bahwa banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Nasrul Abit-Indra Catri jika memimpin Sumbar, salah satunya pemerataan ketersediaan jaringan selular dan internet. Ia mengatakan bahwa hingga kini terdapat 404 titik tanpa sinyal di provinsi ini. Padahal, ketersediaan jaringan selular sangat dibutuhkan dalam masa pandemi Covid-19, salah satunya untuk belajar dalam jaringan.

“Ini keluhan yang kerap saya terima ketika berkunjung ke daerah akhir-akhir ini,” ucapnya.

Tahun ini, kata Indra Catri, sepengetahuannya, pemerintah membangun 38 tower jaringan selular di Sumbar.“Ini menjadi tugas prioritas NA-IC jika menjabat nantinya,” katanya.

Dorong Milenial Belajar Kepemimpinan

Generasi milenial saat ini adalah pemegang tampuk kekuasaan dan pembangunan negara. Namun, tidak banyak orang yang memiliki kemampuan memimpin negara. Oleh sebab itu, calon Wakil Gubernur Sumatra Barat, Indra Catri, mendorong generasi milenial untuk memiliki sifat kepemimpinan yang harus diasah sejak dini.

“Generasi muda saat ini harus mengasah skill kepemimpinan agar di masa depan bisa menjadi orang yang bisa memimpin bangsa ini,” kata Indra Catri saat berdiskusi dengan generasi milenial di Dangau Kawa Daun Biaro, Agam, Selasa (17/11).

Menurutnya, banyak hal yang bisa dijadikan wadah dalam belajar kepemimpinan. Misalnya, menjadi ketua kelas, ketua OSIS, ketua organisasi dan kegiatan lain yang menambah kemampuan berpikir. Belajar kepemimpinan, ujarnya, bisa disebut dengan mengasah soft skill, yang tidak hanya didapat di bangku pendidikan, tetapi bisa diperoleh dari pengalaman berorganisasi dan bermasyarakat.

“Pada suatu saat nanti, generasi milenial inilah yang akan meneruskan apa yang menjadi warisan generasi sebelum mereka,” katanya.

Bupati Agam dua periode tersebut juga mendorong generasi milenial untuk tidak takut mencoba hal-hal baru yang positif, menambah wawasan, dan tidak takut mengutarakan pendapat.

Sementara itu, Syaiful Bakri, anak muda di Agam, mengatakan bahwa generasi muda memang calon-calon pemimpin yang akan memegang tampuk kekuasaan suatu hari nanti. Ia juga mengapresiasi kehadiran Indra Catri di tengah generasi milenial di Agam.

“Generasi milenial butuh sosok pemimpin yang bisa mengerti apa yang dibutuhkan anak-anak muda,” ujarnya.

Secara pribadi, ia menilai pasangan Nasrul Abit-Indra Catri merupakan sosok yang tepat untuk memimpin Sumatra Barat ke depannya.

“Dari visi dan misi keduanya sudah dapat dilihat kalau sektor generasi milenial masuk dalam program prioritas,” ucapnya. (bim)

Next Post

Bank Nagari Cabang Lubuksikaping Sudah Kucurkan Rp9,3 Miliar Dana KCU CITRA

Kam Nov 19 , 2020
LUBUKSIKAPING, KP – Bank Nagari Cabang Lubuksikaping Kabupaten Pasaman, sudah mengucurkan dana sekitar Rp 9,3 Miliar dalam program Kredit Cicilan Uang Covid-19 Impact Treatment (KCU CITRA). Pimpinan Cabang Bank Nagari Lubuksikaping, Austro Minra mengatakan, dana kredit program khusus di masa pandemi Covid-19 itu disalurkan kepada 321 nasabah. “Sejak dilaunching sekitar […]