Warga Suku Sunda Dukung NC- Yulfadri di Pilkada Kabupaten Solok

SOLOK, KP – Warga suku Sunda (Jawa Barat) yang tinggal di Kabupaten Solok, menyatakan siap mendukung pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Solok nomor urut 1, Nofi Candra-Yulfadri Nurdin, pada Pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember mendatang.”Insyaallah kami para perantau Sunda asal Jawa Barat, siap mendukung pasangan Nofi Candra dan Yulfadri pada Pilkada 9 Desember nanti,” sebut Asep Maulana (45 tahun), salah seorang warga Sunda di Sungai Nanam, Senin (9/11).

Di samping itu, warga Sunda di Kabupaten Solok berjumlah hampir 600 Kepala Keluarga dan tergabung dalam Paguyuban Warga Sunda (PWS).

Menurut Ketua DPD Paguyuban Warga Sunda Kabupaten Solok Kang Nurdin, mayoritas warga suku Sunda Provinsi Jawa Barat yang tinggal di Kabupaten Solok, bekerja di sektor pertanian dan tukang. “Rata-rata kami datang dari Jawa Barat ke Solok adalah untuk mencari pekerjaan di sektor pertanian. Mulanya kami datang ada yang dibawa warga Solok untuk bekerja di ladang bawang, markisa, kentang dan tanaman holtikultura lainnya,” terangnya. 

Disebutkannya, warga Sunda atau Jawa Barat yang tinggal di Kabupaten Solok sekitar 600 Kepala Keluraga (KK) dan sekitar 500 KK di antaranya tinggal di Alahan Panjang dan Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti. Bahkan mereka sudah menjadi warga Solok karena ada yang sudah tinggal di Solok sekitar 30 tahun ada juga yang baru. 

“Setiap tahun jumlah orang Sunda yang tinggal di Solok meningkat sekitar 5 hingga 10 persen. “Karena lahan pertanian di Sunda sudah sempit, maka kami datang ke Solok mencari lapangan pekerjaan dan saat ini ada yang sudah sukses sebagai petani menjadi PNS, bahkan sudah banyak yang menikah dengan orang pribumi sini,” ungkapnya.

Pihaknya juga menjelaskan, dirinya sudah menganggap Solok sebagai kampung halamannya sendiri karena tinggal dan mencari nafkah di Kabupaten Solok. “Kami juga akan ikut mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Solok dengan empat pilarnya,” sebutnya. 

Dijelaskannya, Warga Sunda yang berada di Kabupaten Solok adalah tempat dimana pihaknya mencari nafkah dan di mana tempat tinggal sekarang. “Semua kita bersaudara dan bagi warga sunda yang berada di daerah Kabupaten Solok mari kita dukung program pemerintah Kabupaten Solok ke depannya,” tutur Kang Nurdin. 

Sedangkan terkait Pilkada yang akan digelar dalam waktu dekat, warga Sunda juga siap mendukung suksesnya Pilkada Solok tahun 2020. (wan)

Next Post

Pjs Wako Solok Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana

Sel Nov 10 , 2020
SOLOK, KP – Penjabat Sementara Walikota Solok Asben Hendri, memimpin apel […]