40 Kader Posyandu Puskesmas Andalas Ikuti Pembinaan

PADANG, KP – Puskesmas Andalas melakukan pembinaan terhadap 40 orang kader Posyandu di lingkungan kerjanya, Sabtu (5/12).Kegiatan pembinaan yang dilksanakan di Aula Puskesmas Andalas ini menitik beratkan pada memperkuat peran kader Posyandu khususnya dalam masa pandemi Covid 19.

Kepala Puskesmas Andalas Mela Aryatimenjelaskan di masa pandemi Covid 19, kader Posyandu harus tetap mampu berperan dalam pelayanan kesehatan, khususnya ibu dan anak.Pemantauan perkembangan kesehatan dan gizi terhadap ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita tidak boleh terhenti karena adanya pandemi ini. “Jangan sampai terjadi lonjakan angka kematian ibu dan bayi akibat tidak adanya pemantauan,” ujar Mela.

Selain itu yang perlu diperhatikan menurut Mela adalah upaya kader dalam mencegah terjadinya kasus stunting akibat kurangnya asupan gizi terhadap orang tua maupun si anak itu sendiri.Untuk itu melalui kegiatan ini juga dilakukan pembekalan terhadap kader Posyandu agar mampu mengoptimalisasikan aplikasi Ayo Cetting (Ayo cegah stunting) milik Puskesmas Andalas.

“Kita minta kader Posyandu agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat untuk dapat memaksimalkan penggunaan aplikasi Ayo Ceting, sehingga kita dapat memantau perkembangan dan permasalahan kesehatan ibu dan anak,” tambah Mela.

Ia menerangkan Ayo Cetting merupakan aplikasi berbasis android yang dapat diunduh dari gawai masing-masing.Di dalamnya terdapat fitur-fitur yang memudahkan para ibu untuk memantau dan mengetahui perkembangan kesehatan diri dan anak. Juga terdapat fitur yang memungkinkan pengguna berinteraksi langsung dengan dokter.

“Cukup dari rumah, pengguna aplikasi Ayo Cetting bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke Puskesmas. Kader Posyandu juga bisa membantu memfasilitasi ibu-ibu yang tidak memliki telpon pintar agar bisa memanfaatkan aplikasi Ayo Cetting,” kata Mela. (ip)

Next Post

KSM Kelurahan Tarantang Cairkan Dana Ekonomi Bergulir

Ming Des 6 , 2020
PADANG, KP – Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kelurahan Tarantang Lubuk Kilangan mencairkan dana simpan pinjam atau dana ekonomi bergulir dari PPMK Kotaku. Dana ini diserahkan langsung oleh UPK kelurahan Tarantang Mayesti kepada dua kelompok, yakni Pelangi II dan Betkah, Jumat (4/12). Menurut Mayesti, dana simpan pinjam ini dicairkan untuk penerima […]