Ada Lomba Selfie di TPS, Pemilih Pemula di Padangpanjang Semangat Nyoblos

PADANGPANJANG, KP – Gita Azzahra dan Khusnul Khotimah, warga Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padangpanjang Timur baru pertama kali menggunakan hak suaranya. Mereka sangat bangga bisa mengikuti Pilkada kali ini.

“Ternyata begini rasanya mencoblos. Ada rasa takut yang kami rasakan. Takut salah pilih dan salah menggunakan suara kami,” sebut mereka.

Ada hal lain yang membuat mereka antusias untuk nyoblos di Pilgub ini. Karena KPU menggelar lomba selfie. “Iya benar, kami tambah semangat untuk mencoblos, karena kami baca di medsos, KPU melaksanakan lomba selfie yang bertabur hadiah. Semoga kami bisa mendapatkannya,” harap kedua gadis ini.

Menanggapi itu, Ketua KPU Padangpanjang, Okta Novisyah, S.Sos,I mengatakan, lomba selfie ini digelar agar menarik masyarakat berbondong-bondong untuk ke TPS. Biar ada rasa bangga bagi mereka dalam menyuarakan hak pilihnya.

“Tidak hanya sekadar menyuarakan pilihan, mereka bisa melakukan selfie yang hasil jepretannya dikirim ke akun instagram KPU. Nanti kami seleksi peserta terbaiknya. Maka dari itu mari ramaikan TPS, salurkan hak pilih kita,” papar Okta.

Untuk juara 1 lomba selfie ini, akan mendapatkan sertifikat dan uang tunai sebanyak 1 juta rupiah. Juara 2 sampai harapan 3, akan mendapatkan uang tunai dan sertifikat.

Dalam pelaksanaan Pilgub Sumbar 2020 di Kota Padangpanjang, KPU telah mempersiapkan dengan maksimal upaya pencegahan Covid-19 dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua KPU, Okta Novisyah, S.Sos.I menyebutkan, di setiap TPS, ada 12 hal yang harus dipatuhi  penyelenggara maupun pemilih. Di antaranya, sebelum masuk, diwajibkan untuk cuci tangan dulu. Setelah cek suhu tubuh,  diberikan sarung tangan, dan menggunakan hand sanitizer. “Selanjutnya, pemilih menggunakan alat coblos yang sudah disterilkan secara berkala oleh petugas KPPS,” jelasnya.

Di Padangpanjang, kata Okta, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilgub  ini ada sebanyak 40.220 pemilih dan jumlah TPS sebanyak 123 yang tersebar 16 Kelurahan di 2 kecamatan.

“Tiap TPS dibatasi maksimal 500 pemilih,” sebutnya sembari menambahkan pihaknya menargetkan partisipasi masyarakat Kota Padangpanjang untuk datang ke TPS sebesar 77,5%.

“Insya Allah, kita berharap dengan dukungan cuaca, masyarakat  datang ke TPS  memberikan hak pilih dan tetap mematuhi protokol kesehatan, target yang ditetapkan ini dapat  tercapai,” harapnya.

Dari pantauan Kominfo di lapangan, masyarakat yang datang ke TPS, tampak disiplin dengan protokol kesehatan  Covid-19 yang telah ditetapkan penyelenggara. (sup/*)

Next Post

Kota Pariaman Siap Gelar ‘Pariaman Extreme Offroad Adventure 2020’

Rab Des 9 , 2020
PARIAMAN, KP – Kota Pariaman siap menggelar iven Pariaman Extreme Offroad Adventure Tahun 2020 yang akan gelar tanggal 12 – 13 Desember 2020 mendatang. Jelang pelaksanaan ajang tersebut, Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman melakukan rapat finalisasi terkait teknis pelaksanaan bersama jajaran forkopimda dan panitia pelaksana. […]