AKHIR MASA JABATAN BUPATI GUSMAL, Pemkab Solok Terima Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020

SOLOK, KP – Pemerintah Kabupaten Solok menerima Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 dari pemerintah pusat. Penghargaan yang dibagi dengan predikat sangat inovatif dan inovatif itu diberikan berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah tahun 2020 terhadap penerapan inovasi. Di mana dilaksanakan oleh daerah secara online sejak 14 Mei 2020 melalui aplikasi indeks inovasi daerah Kemendagri.

Aplikasi tersebut dibuat khusus dalam rangka penilaian indeks inovasi daerah dan dapat dilihat secara transparan oleh semua pihak yang berlangsung di Hotel Sulthan Jakarta, Jumat (18/12) lalu. Di samping itu penilaian indeks inovasi daerah tahun 2020 itu merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap semangat dan daya upaya serta keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan penyelenggaran pemerintahan dengan cara inovatif. Adapun tingkat partisipasi kegiatan inovasi daerah itu yakni 89,3 persen atau 484 daerah.

Pemerintah Provinsi yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 34 daerah atau 100 persen. Kemudian pemerintah daerah kabupaten sebanyak 360 daerah atau 86,7 persen dan pemerintah kota sebanyak 90 daerah atau 96,7 persen. Dengan jumlah inovasi yang terlaporkan sebanyak 14.897 inovasi atau meningkat sebesar 85 persen dari tahun sebelumnya, yakni 8014 inovasi.

Setelah melakukan tahapan inputing data, tahapan penjaringan, tahapan pengisian melalui online kemudian dilakukan tahapan validasi data. Melalui pencocokan dan analisis data yang dilakukan pemerintah daerah, validasi dimulai pada 22 September 2020 hingga 21 Oktober 2020 dengan hasil, yakni 195 pemerintah daerah dengan predikat sangat inovatif terdiri dari 21 provinsi, 131 kabupaten dan 43 kota.

Kemudian 44 pemerintah daerah dengan predikat inovatif terdiri dari 3 provinsi, 30 kabupaten dan 11 kota. 245 pemerintah daerah dengan kategori kurang inovatif terdiri dari 10 provinsi, 199 kabupaten dan 36 kota. 58 pemerintah daerah dengan kategori tidak dapat dinilai atau disclaimer terdiri dari 55 kabupaten dan 3 kota karena tidak melakukan inputing data.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Solok menerima penghargaan dengan Predikat Sangat Inovatif. Kegiatan pelaksanaan pengukuran indeks inovasi daerah tersebut mengikutsertakan 15 dewan juri dari Kementerian/ Lembaga, media dan juga dari berbagai instansi ataupun lembaga yang kredibel.

Bupati Solok H. Gusmal, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kemendagri di bawah pimpinan Tito Karnavian yang telah memberikan penghargaan kepada Kabupaten Solok sebagai Kabupaten sangat inovatif. “Saya juga mengucapkan terimakasih kepada segenap Aparatur Pemerintahan Kabupaten Solok mulai dari Sekda, kepala SKPD dan seluruh staf yang sudah bekerja keras dalam membangun pemerintahan berbasis elektronik di Kabupaten Solok,” tuturnya.

Bupati berharap ke depannya Pemerintah Daerah Kabupaten Solok akan menjadi kabupaten terbaik dalam melaksanakan pemerintahan berbasis elektronik dan setiap kepala SKPD dapat menciptakan inovasi baru dalam rangka mempermudah pelayan kepada masyarakat. Kemudian Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok atas dukungan, sumbangan pikiran dan kerjasamanya selama ini dalam membangun Kabupaten Solok menjadi kabupaten terbaik, terutama dalam melaksanakan pemerintahan berbasis elektronik.

“Ini adalah penghargaan termanis di akhir tahun 2020 yang diraih Pemerintah Kabupaten Solok. Semoga tahun depan menjadi tahun yang lebih baik lagi untuk Kabupaten Solok,” harapnya.

Selain itu tampak hadir pada penyerahan Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 tersebut Sekjen Kemendagri RI Muhammad Hudori, Kepala Barenlitbang Kemendagri RI Agus Fathoni, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pimpinan Tinggi Madya lingkup Kemendagri, Bupati dan Walikota penerima Penghargaan, Dewan Juri dan lembaga lainnya. (wan)

Next Post

Jadi Bagian Juventini Indonesia, JCI Chapter Piaman Gelar Baksos

Sen Des 21 , 2020
PARITMALINTANG, KP – JCI (Juventus Club Indonesia) Chapter Piaman menggelar […]