ANGGARAN RP700 JUTA, 2021, Kubus Apung Penahan Sampah Ditambah

PADANG, KP – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padangakan menambah jumlah pemasangan kubus apung di beberapa titik sungai yang dinilai efektif menahan sampah yang masuk ke laut dengan menggunakan anggaran sebesar Rp700 juta.

“Kubus apung ini efektif menahan sampah yang masuk ke laut sehingga pada tahun depan kami mendapat tambahan anggaran untuk pemasangan kubus apung sebesar Rp700 juta dari sebelumnya hanya Rp400 juta,” kata Kepala DLH Kota Padang, Mairizon di Padang, kemarin.

Ia mengatakan dengan anggaran sebelumnya mampu membeli kubus apung sepanjang 50 meter sedangkan dengan penambahan anggaran tersebut diperkirakan mampu membeli kubus apung sepanjang 80 sampai 90 meter.Dengan demikian, pemasangannya bisa dipecah di beberapa lokasi.

Ia berencana kubus apung yang dibeli nantinya akan dipasang di tiga sungai yang tidak terlalu besar atau kanal-kanal dari pemukiman agar tidak sampai ke induk sungai.Adapun dasar pemilihan sungai yang dijadikan lokasi pemasangan kubus apung yakni berdasarkan banyaknya masyarakat yang buang sampah ke sungai dan kepadatan penduduk di wilayah tempat pemasangan kubus apung.

“Dari pemasangan kubus apung itu jumlah sampah yang dapat terkumpul dalam tiga hari mencapai sembilan kubik. Setelah itu petugas akan mengumpulkan sampah tersebut dengan biduk atau kapal kecil,”jelasnya.

Pihaknya sudah menyiapkan petugas yang siap siaga di tepi kubus apung dengan biduk yang sudah disediakan untuk mengumpulkan sampah yang terkumpul pada kubus apung itu setiap harinya.Ia mengharapkan agar sampah itu tidak semuanya sampai ke lingkungan dan menargetkan pengurangan sampah dari sumbernya.

“Kami berharap masyarakat sadar bahwa sampah yang mereka hasilkan itu harus ikut mereka kelola karena tanggung jawab pengelolaan lingkungan atau sampah bukan cuma urusan pemerintah,” tambahnya.

Ia juga mengharapkan supaya masyarakat, pemerintah, pemerhati lingkungan, dan perguruan tinggi ikut memberikan pemahaman ke masyarakat bahwasanya sungai bukan keranjang sampah yang bisa dikotori tanpa memperhatikan keberlangsungan kebersihan sungai tersebut. (ant)

Next Post

IPHI Labuhan Batu Utara Kagumi Keindahan Kota Padang

Rab Des 2 , 2020
PADANG, KP – Sejumlah Pengurus Daerah (PD) Ikatan Persaudaraan Haji […]