Bawaslu Belum Temukan Indikasi Politik Uang di Padang

PADANG, KP -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang menyatakan belum menemukan indikasi politik uang dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Ibu Kota Sumatera Barat

Anggota Bawaslu Padang Firdaus Yusri di Padang, Rabu, mengatakan pihaknya terus melakukan patroli rutin di daerah tersebut sejak masa tenang hingga Rabu ini (9/12).

“Hingga saat ini belum kita temukan indikasi politik uang dan kita terus lakukan pengawasan bersama,” katanya.

Menurut dia, patroli dilakukan setiap hari di siang dan malam ke seluruh daerah di Kota Padang. Seluruh tim bekerja secara bersama melakukan pengawasan.

“Kami mulai dari pagi hingga pukul 02.00 WIB dini hari melakukan pengawasan di lapangan dan memang belum ditemukan,” katanya.

Bawaslu Padang sendiri telah melakukan pemetaan terhadap lokasi rawan politik uang di daerah itu mulai dari lokasi yang berada di kawasan tempat tinggal calon, tim relawan hingga orang partai.

“Kami terus berupaya melakukan pengawasan hingga hasil diumumkan nantinya,” katanya.

Sebelumnya Polda Sumbar memetakan 293 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumatera Barat dalam kategori sangat rawan di pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu mengatakan pemetaan ini bertujuan untuk mengantisipasi pelanggaran dan memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan lancar.

Sebanyak 293 TPS itu berada di sejumlah kota dan kabupaten yaitu 209 TPS di wilayah hukum Polres Kepulauan Mentawai, 35 TPS di wilayah Polres Solok Kota, 25 TPS di wilayah Polres Solok Selatan, 10 TPS di wilayah Polres Payakumbuh.

Setelah itu sembilan TPS di wilayah Polres 50 Kota, empat TPS di wilayah hukum Polres Padang Panjang dan satu TPS di wilayah hukum Polres Dharmasraya. (ant)

Next Post

Di Padang ada TPS Bertemakan Anti Corona

Rab Des 9 , 2020
PADANG, KP – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang bertugas di […]