Bupati Gusmal Ikuti Rakor Evaluasi Pasca Pelaksanaan Pilkada Secara Virtual

SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, Senin (14/12), mengikuti Rakor Evaluasi Pasca Pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 secara virtual bersama Menko Polhukam dengan Pemerintah Daerah serta unsur Forkopimda. Acara yang digelar di Guest House Arosuka itu turut dihadiri oleh Dandim 0309, Ketua KPU, Kasatpol PP, Kesbangpol, Kabag Humas dan lainnya.

Ketua KPU RI, Arief Budiman menyampaikan, sudah terjadi kenaikan partisipasi pemilih di beberapa daerah Kabupaten Kota Indonesia. Penggunaan aplikasi Sirekap dalam web KPU dan aplikasi dalam android, data pelaksanaan pilkada ulang dan penyelenggara pemilu yang mengalami kecelakaan kerja.

Sementara Ketua Bawaslu RI, Abhan pada kesempatan itu juga memberi apresiasi kepada jajaran adhoc Bawaslu yang merupakan tulang punggung pelaksanaan Pilkada serentak yang telah melakukan tugas dengan baik di tengah Pandemi Covid-19. Pihaknya juga menyebut masih kurangnya fasilitas TPS, cuci tangan serta kurang partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS.

Sedangkan Mendagri RI, Tito Karnavian menjelaskan, secara umum pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 berjalan dengan lancar dan aman, tidak ada gangguan konvensional yang signifikan. “Sudah terjadi peningkatan partisipasi di tingkat pemilih, yakni 81 persen dari target 75,9 persen. Pelaksanaan prokes yang belum maksimal, saat pendaftaran pemilih masih berkerumun dan itu melanggar prokes,” sebutnya.

Sementara itu Menkopolhukam RI, Mahfud MD juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh kepala daerah yang telah membantu mensukseskan pelaksanaan Pilkada di daerah masing-masing, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. “Berdasarkan data sistem pengawasan Pemilu dari bawaslu RI menyatakan penggunaan hak pilih pada pemilihan gubernur/wakil gubernur sebanyak 82 persen dan pemilihan bupati/wakil bupati serta walikota/wakil walikota sebanyak 83 persen. Dan ini terjadi peningkatan yang sangat tinggi,” terang Mahfud MD.

Pada akhir acara Bupati Solok, H. Gusmal menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah menggelar Pilkada damai, tertib dan aman di Kabupaten Solok. “Pelaksanaan Pilkada tahun ini di Kabupaten Solok tetap menerapkan protokol kesehatan di setiap TPS,” sebut Gusmal.

Sedangkan terkait segala masalah dan hambatan yang ada selama tahapan pelaksanaan Pilkada kata dia, juga sudah diterima dan diselesaikan sesuai aturan yang ada. “Apapun nanti keputusan KPU, mari kita terima dengan lapang dada dan mari kita dukung siapapun yang nanti jadi Kepala Daerah di Kabupaten Solok,” terangnya.

Kemudian Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada KPU, Bawaslu, TNI/Polri serta semua pihak yang sudah ikut berpartisipasi dalam menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2020. (wan)

Next Post

Bupati Gusmal Lantik 76 Orang Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemkab Solok

Rab Des 16 , 2020
SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal melantik dan mengambil […]