DARI STUDI KOPERATIF WARTAWAN TANAHDATAR KE KAMPAR DAN PEKANBARU, “Tingkatkan Kualitas SDM Kehumasan dan Bangun Sinergitas Baik dengan Wartawan”

Oleh: Nasrul Chaniago

Wartawan Harian KORAN PADANG

Puluhan wartawan dari media cetak dan elektronik, serta Bagian Humas dan Kominfo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanahdatar melakukan studi banding ke Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

Studi banding selama empat hari,Minggu (13/12) hingga Rabu (16/12) kemarin itu, bertujuan guna untuk meningkatkan kinerja dibidang kehumasan serta membangun sinergitas yang baik dengan wartawan.

Rombongan yang dipimpin Kepala Diskominfo Tanahdatar, Abrar, Kepala Inspektorat Altri Suandi, Kabag Humas Yusrizal Sekeh beserta Kasubag Humas Muharwan, di hari pertama Senin (14/12) mengunjungi Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar.

Di Kominfo Kampar, rombongan diterima oleh Sekretaris Herry Indra Mulya didampingi Kabid Sumber Daya dan Pelayanan Publik Salmi Hadi, diaula rapat dinas kominfo setempat.

Herry menyatakan merasa terhormat dan bangga atas silaturahmi dan kunjungan dari rombongan wartawan Tanahdatar serta pendamping untuk berbagi informasi ke lembaga yang ia komandoi.

“Alhamdulillah kita dapat kehormatan dikunjungi, semoga kita bisa berbagi informasi dan silaturahmi ini berlanjut menjadi persahabatan dan mohon maaf karena situasi Pandemi Covid-19 pertemuan dibatasi hanya bisa untuk 25 personil,” ujar Herry.

Dia juga mengatakan, peralihan wewenang Humas ke Diskominfo sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu yang meliputi tiga pokok kewenangan diantaranya kerjasama media, liputan daerah, dan pengolahan website.

“Secara bertahap kita telah melakukan perbaikan dan tugas Humas yang dulu dilimpahkan sudah terselenggara dengan baik,berdasarkan data setidaknya hampir 200 media di Kampar telah diakomodir dan saat ini pihaknya juga menggunakan aplikasi dengan sistem E-Wartawan untuk besinergi,” katanya.

Sejak aplikasi itu diterapkan, dari 200 media yang ada di Kabupaten Kampar, tinggal seratus media yang terseleksi untuk bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah.

“Setiap wartawan atau media yang bekerjasama ratingnya dipengaruhi oleh persyaratan seperti jumlah pembaca medianya, telah UKW atau belum, sertifikasi medianya dari Dewan Pers,” urai Salmi.

Sementara itu dihari kedua, Selasa (15/12) rombongan mendatangi kantor Redaksi Haluan Groub, di Jalan Tuangku Tambusai Pekanbaru.

Namun di Haluan Pekan Baru, rombongan dikomondoi oleh Plt Bupati Tanahdatar, H. Zuldafri Darma, dan Kadis BPBD Thamrin, Kadis Kominfo, Kabag Umum, Kabag Humas, beserta Kasubag Humas.

Kedatangan rombongan disambut langsung Pimpinan Perusahaan Haluan Riau Jeffry bersama Pimpinan Redaksi Haluan Riau Doni Rahim serta Pimpinan Redaksi Media Online Haluan.com Eka Buana Putra.

Pempinan Redaksi (Pemred) Haluan Riau Doni Rahim mengucapkan terimakasih atas kesediaan dari rombongan sudah menjadikan Haluan Riau sebagai tujuan dari kunjungan kali ini.

“Harian Haluan Riau dari masa ke masa, dan hingga di tahun 2020 ini bisa menjadi koran dengan penggunaan bahasa Indonesia terbaik,” katanya.

Sementara itu, Kadiskominfo Pemkab Tanahdatar, Abrar menyebutkan, maksud kedatangan rombongan, dalam rangka studi komparatif guna meningkatkan kualitas SDM.

“Kedatangan kami untuk peningkatan kualitas SDM dalam jajaran pemerintahan dan studi Komparatif bersama para jurnalis yang kami ikutkan,” katanya.

Haluan Riau menjadi lokasi kedua yang menjadi tujuan rombongan ini, sehari sebelumnya kunjungan dilakukan ke Pemkab Kampar dengan tujuan Kominfo Kampar. Disini, rombongan membicarakan bagaimana cara Haluan Riau melakukan kerja sama dengan pemerintahan Kabupaten/Kota termasuk Provinsi Riau.

“Adapun misi kami, pertama kami melihat (Haluan Riau-red) bagus dalam pengelolaan kerjasamanya. Untuk itu, hal ini yang ingin kami tanyakan terkait bagaimana pola yang diterapkan. Apa yang kami dapat, nanti akan menjadi acuan dalam penyusunan kerjasama media di Pemkab Tanahdatar,” jelasnya lagi.

Sedangkan Plt Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma mengapresiasi apa yang telah dicapai oleh Haluan Riau, dia melihat adanya komunikasi yang baik dengan pihak pemerintahan dan instansi lainnya.

“Haluan Riau ini dipastikan sudah menugaskan jurnalisnya di seluruh kabupaten dan kota, dan sudah menjalin komunikasi yang baik dengan pihak pemerintahan,” kata Zuldafri Darma.

Dalam hal ini, pihaknya hendak menggali lebih jauh bagaimana pola yang diterapkan oleh manajemen Haluan Riau, agar kedepanya bisa juga kita terapkan di Kabupaten Tanahdatar,” jelasnya.

Selanjutnya dilakukan penyerah cenderamata oleh Plt Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma kepada Pempinan Redaksi (Pemred) Haluan Riau Doni Rahim dan foto bersama.(nas)

Next Post

Rival Pribadi Ucapkan Selamat pada Pasangan Era Baru Tanahdatar

Kam Des 17 , 2020
BATUSANGKAR, KP – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanahdatar […]