Direnovasi, Masjid Al-Hidayah Bakal Jadi Ikon Kota Solok

SOLOK, KP – Pembangunan bidang keagamaan menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kota Solok di bawah kepemimpinan Walikota Zul Elfian bersama Wakil Walikota Reiner. Selain gencarnya kegiatan bernafaskan Islam, Pemko juga tidak luput membangun dan merenovasi sejumlah masjid dan musala.

Menurut Wako Zul Elfian, langkah awal yang telah dilakukan adalah membangun sumber daya manusia dan memperbaiki mentalitas Aparatur Sipil Negara. Dan tentu saja tanpa menepikan pembangunan infrastruktur dan pembangunan lainnya.

Diakuinya, dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan, sedikitnya ada lebih kurang 6 masjid yang dibangun melalui APBD Kota Solok. Termasuk pemugaran masjid dan musala lainnya. “Sebagai pusat kegiatan keagamaan dan pendidikan Islam, Kita tentu berupaya menghadirkan suasana masjid dan musala yang paripurna dan nyaman bagi semua kalangan masyarakat,” ujarnya ketika meninjau pemugaran Masjid Al-Hidayah VI Suku, Senin (7/12).

Terhadap pemugaran Masjid Al-Hidayah VI Suku, pihaknya berharap bisa dimanfaatkan masyarakat secara maksimal. Sehingga masjid yang berada di jantung Kota Solok itu bisa menjadi masjid termegah kedua di Kota Solok. “Kita harap Masjid Al-Hidayah bisa menjadi ikon berikutnya setelah Masjid Agung untuk memancing antusiasme masyarakat lokal memakmurkan masjid dan memancing masyarakat luar datang ke Kota Solok. Kita harap ada ciri khas unik dari Masjid Al-Hidayah,” tuturnya.

Tak hanya fokus ke eksterior, Wako Zul Elfian juga menekankan agar nantinya dapat memperhatikan fasilitas serta sarana dan prasarana yang menunjang, seperti karpet, taman masjid, tempat parkir, lighting, sound system dan kebersihan masjid.

Sementara itu Kepala Dinas Perkim Kota Solok, Jusmardi mengatakan, pengerjaan pembangunan baru Masjid Al-Hidayah menelan anggaran lebih kurang Rp 7 Miliar dengan berbagai sarana dan prasarana yang lengkap. Secara letak, Masjid Al-Hidayah memang sangat strategis. Dekat dengan lapangan Merdeka Kota Solok dan Istiqlal Park yang memang kerap digunakan sebagai lokasi kegiatan besar di Kota Solok. Kemudian di seberang masjid juga ada Rumah Sakit Tentara. (van)

Next Post

Enam Ranperda 2020 Ditargetkan Rampung 2021

Rab Des 9 , 2020
PADANG, KP- Enam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang masuk dalam […]