Diskominfo Agam Sambungkan Jaringan Internet di 32 Fasilitas Umum

LUBUKBASUNG, KP – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyambungkan jaringan internet ke 32 fasilitas umum dalam menyikapi kesulitan siswa dalam memperoleh akses internet maupun biaya paket data yang melaksanakan belajar secara daring pada masa pandemi COVID-19.
Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Agam, Fauzan Helmi Hutasuhut di Lubukbasung, Kamis, mengatakan pihaknya telah menyambungkan internet di 25 masjid, empat sekolah dan tiga fasilitas umum lainnya.
“Masjid, sekolah dan fasilitas umum lainnya yang telah kita sambungkan internet itu tersebar di 16 kecamatan,” katanya, Kamis (10/12).
Ia mengatakan, pada tahun ini pihaknya menargetkan menyambungkan jaringan internet untuk 150 unit tempat ibadah, sekolah dan fasilitas umum lainnya.
Namun yang terealisasi baru 32 unit dan pihaknya berusaha semaksimal mungkin agar target itu tercapai.Untuk mencapai itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan PT Telkom dan melakukan kerjasama dengan Baznas Agam.
“Kita akan berusaha untuk mencapai target itu dan apabila tidak tercapai akan dilanjutkan tahun depan,” katanya.
Ia menambahkan, layanan Indihome PT Telkom itu merupakan program Agam Terkoneksi.Agam Terkoneksi merupakan program Pemkab Agam untuk menyikapi kesulitan dalam memperoleh akses internet maupun biaya paket data bagi siswa atau mahasiswa yang melaksanakan belajar secara daring pada masa pandemi COVID-19.
Gerakan Agam Terkoneksi diawali melalui masjid-masjid, sekolah-sekolah dan perkantoran pemerintah dengan membuka akses internet yang telah ada agar bisa berbagi untuk dimanfaatkan oleh para pelajar.
Bagi masjid yang belum memiliki akses internet, Pemkab Agam bekerjasama dengan BAZNAS Agam dan PT. Telkom Kandatel Bukittinggi akan menarik jalur ke lokasi masjid yang tercover layanan internet Telkom paket sosial Indihome 20 mbps dengan biaya 50 persen lebih murah dari biaya normal.
Masjid yang bersedia, akan dibantu pemasangan dan biaya bulanan satu bulan pertama dengan menyerahkan persyaratan berupa foto copy surat keputusan pengurus, foto copy KTP salah satu pengurus dan nomor telpon genggam salah seorang pengurus.Persyaratan ini dapat diserahkan ke Bagian Kesra Sekretariat Daerah Agam atau melalui camat setempat. (ant)

Next Post

Anwarudin Sulistiyono Jabat Kajati Sumbar, Komitmen Tegakkan Hukum Berkeadilan

Kam Des 10 , 2020
PADANG, KP – Anwarudin Sulistiyono resmi menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatra Barat (Sumbar) yang sebelumnya dijabat Pelaksana Tugas. Anwarudin merupakan mantan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Jawa Timur. Anwarudin dilantik di Kejagung RI pada Selasa (8/12) dan dalam waktu dekat juga akan mengevaluasi perkara yang sudah atau tengah […]