Dispora Sumbar Bagikan Bonus Rp1,6 Miliar kepada Atlet Berprestasi

PADANG, KP -Pemprov Sumbar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumbar membagikan bonus senilai Rp1,6 miliar kepada atlet berprestasi, pelatih, dan ofisialyang mengikuti berbagai iven sepanjang tahun 2019.

“Tahun ini baru kita bayar karena kita kalkulasikan dulu semuanya seterusnya baru kita usulkan anggarannya. Alhamdulillah, bisa kita bagikan sekarang yang jumlahnya mencapai Rp1, 6 miliar. Kami mohon maaf kepada para atlet keterlambatan selama ini,” kata Kadispora Sumbar Bustavidia pada momentum penyerahan bonus atlet di teras istana Gubernuran, Jl. Sudirman, Padang, Senin sore (30/11).

Besarnya jumlah bonus itukarena merupakan akumulasi berbagai iven selama tahun 2019, yaitu Pomnas, Pornas, Peparpelnas, Porpenas, Popnas, dan Kejurnas Antar PPLP.

Gubernur SumbarIrwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemprov Sumbar minta maaf pada atlet dan pelatihkarena baru sekarang dibayar.Ke depan, hal yang seperti ini jangan sampai terulang dan harus cepat diselesaikan.

Gubernur mengatakan berdasarkan penjelasan Kadispora, keterlambatan pembayaran bonus atlet itu karena dihitung dulu berapa atlet yang meraih medali emas, perak, dan perunggu baru dan dikalkulasikan angkanya kemudian diusulkan dan akhirnya disetujui, itupun pada anggaran perubahan.

“Hal ini harus menjadi perhatian semua,” ujar gubernur.

Terlebih, katanya, reward atau bonus itu merupakan bentuk penghargaan kepada yang telah membawa nama baik untuk Sumbar di luar provinsi.

Gubernur juga minta Dispora dan KONI Sumbaragar melakukan pencatatan dan iventarisasi terhadap para atlet yang benar-benar selalu berprestasi itu.“Kan ada kebijakan pemerintah pusat bagi atlet berprestasi bisa masuk jadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Jika benar-benar berpertasi tentu diperjuangkan,” kata Irwan.

Namun, karena di daerah belum ada kebijakan terkait atlet berprestasi maka perlu dipelajari regulasinya terlebih dulu ke pusat.

Di sisi lain, gubernur meminta para atlet yang berprertasi agar terus latihan supaya terpilih masuk dalam kontingen Sumbar di PON Papua nantinya.

RINCIAN PEROLEHAN MEDALI DAN BONUS

  1. Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) – Jakarta

11 Medali – Bonus Rp217.100.000

  • Pekan Olahraga Paralympic Pelajar Nasional (Perpalpenas) – Jakarta

1 Medali – Bonus Rp16.000.000

  • Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) – Kaltim

11 Medali – Bonus Rp243.400.000

  • Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) – Jakarta

31 Medali – Bonus Rp491.900.000

  • Pekan Olahraga Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) – Bandung

3 Medali – Bonus Rp60.500.000

  • Kejurnas Antar PPLP

36 Medali – Bonus Rp571.800.000. (ak)

Next Post

Bisnis Pemerintah Rugi

Sel Des 1 , 2020
TAK enak rasanya kalau usaha bisnis yang dikelola pemerintah terdengar tak menguntungkan. Merugi berkepanjangan. Termasuk lembaga yang tugas utamanya memungut retribusi sebagai pendapatan daerah. Sudah jadi rahasia umum bahwa lembaga pemerintahan yang bergerak dalam usaha bisnis tak begitu terdengar yang beruntung. Yang rutin muncul jadi pemberitaan hanyalah rugi, rugi melulu. […]