Dosen Unidha Beri Pelatihan Pemasaran Online ke Pelaku Usaha

PADANG, KP – Tim dosen Universitas Dharma Andalas (Unidha) Padang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) berupa pelatihan pemasaran produk berbasis jejaring media sosial kepada UMKM makanan ringan dalam menghadapi era new normal ini.

Kali ini tim PKM Unidha memilih usaha ‘Dapur Naila’ yang memproduksi keripik dan serundeng dengan bahan baku dari talas. Usaha ini terletak di Jalan Air Camar, Kelurahan Parak Gadang Timur, Kota Padang.

Tim dosen yang terdiri dari koordinator Tri Sukma dan anggota Firstadan Eka Mariyantimemberikan penyuluhan/pembinaan secara langsung bertatap muka dengan pemilik usaha.Koordinator tim pengabdian dosen Unidha Tri Sukma mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan penyuluhan agar UMKM dapat menyesuaikan strategi pemasarannya dengan situasi saat ini.Usaha ini cukup prospektif tetapi kini sedang mengalami kendala dalam memasarkan produk setelah terjadinya pandemi Covid-19 ini.

“Jadi selama ini pemilik usaha masih melakukan pemasaran secara biasa dengan menjual secara langsung kepada keluarga, tetangga, kenalan dan menitipkan ke warung-warung dan toko,” tutur Tri Sukma, kemarin.

Tri Sukma berharap dari kegiatan pengabdian ini terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan mengenai cara pemasaran melalui jejaring media sosial.Hanya dengan memanfaatkan perangkat smartphone, mitra sudah mampu memasarkan produknya di berbagai media sosial dengan jangkauan pemasaran yang luas.

“Dengan menyesuaikan strategi dalam menjalankan usaha maka kita harapkan para pengusaha kecil dapat tetap survive dan mampu mempertahankan usahanya,” harapnya. (ip)

Next Post

IZIN USAHA DICABUT OJK, LPS Mulai Proses Klaim Dana Nasabah BPR Nurul Barokah

Sel Des 15 , 2020
PADANGPARIAMAN, KP – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mulai melakukan proses pembayaran klaim simpanan dan likuidasi PT BPR Nurul Barokah, Kabupaten Padangpariaman. Hal ini dilakukan setelah setelah izin usaha BPR Nurul Barokah dicabut oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).“Dalam pelaksanaan proses likuidasi PT BPR Nurul Barokah ini, LPS akan mengambilalih dan menjalankan […]