Dua Kegiatan di Padang Sambut Wisatawan pada Januari 2021

PADANG, KP – Dua kegiatan akan menyambut wisatawan yang ingin menghabiskan hari liburnya di Sumbar, khususnya di Kota Padang pada Januari 2021. Dua kegiatan itu adalah Serak Gulo dan Indian Cultureserta Festival Cap Go Meh. Selain itu, juga digelar Festival Pamalayu di Dharmasraya.
Serak Gulo dan Indian Culture diselenggarakan di Kota Padang pada 14 Januari 2020. Serak gulo merupakan tradisi masyarakat India di Padang. Kegiatan itu dimulai dengan Sholat Ashar berjamaah di masjid. Kemudian gula 200 gram yang telah dibungkus dengan kain beraneka warna dilemparkan ke arah kerumunan warga dari atas atap masjid. Masyarakat selalu antusias menyambut acara ini setiap tahun.
Festival Cap Go Meh akan digelar pada akhir Januari 2020. Berlokasi di Kota Tua Padang, festival itu diramaikan atraksi Barongsai, Ular Naga dan Kio atau patung dewa.Festival yang juga untuk menyambut Tahun Baru Imlek itu juga mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat setiap tahun. Cukup banyak spot foto yang unik dan menarik selama even berlangsung sehingga mampu menjadi daya tarik bagi milenial juga.
Sementara Festival Pamalayu akan berlangsung 1-7 Januari 2021 di Kabupaten Dharmasraya. Kegiatan itu menampilkan sejumlah kegiatan menarik seputar sejarah kerajaan yang ada di daerah itu. Bukti sejarah seperti Arca Amogaphasa dan Arca Bhairawa membuktikan adanya kerajaan besar di Dharmasraya pada masa lalu. Sejumlah peristiwa seni dan budaya disiapkan dalam sebuah rangkaian untuk menggali kekayaan kerajaan lama itu dan dipastikan bisa menarik wisatawan untuk datang.
“Informasi tentang vaksin membuat kita berharap pandemi berakhir pada 2021. Di sektor pariwisata kita tentu juga menyambut harapan ini dengan menyiapkan sejumlah kegiatan untuk wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial di Padang, Selasa (1/12).
Ia mengatakan kalender kegiatan yang digagas bersama kabupaten/kota dan komunitas di Sumbar itu merupakan bentuk antusiasme sektor pariwisata menyambut tahun 2021 tanpa COVID-19.
“Satu tahun penuh pandemi melanda, sektor pariwisata menjadi salah satu yang terdampak paling parah. Mudah-mudahan pada 2021 semua bisa bangkit kembali,” ujarnya.
Sedangkan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Hendri Agung Indrianto menyebut secara umum pada 2021 seluruh kabupaten/kota telah menyiapkan kegiatan terbaik untuk menarik wisatawan ke Sumbar. Even itu disusun dari Januari- Desember 2021 agar tidak bertabrakan. Wisatawan bisa memilih kegiatan yang akan di datangi. (ant)

Next Post

BANGKITKAN REVOLUSI MENTAL MAHASISWA, UNP Gelar Kompetisi Essay dan Pidato

Sel Des 1 , 2020
PADANG, KP – Pusat Kajian Pancasila Universitas Negeri Padang (UNP) membangkitkan revolusi mental mahasiswa se-Indonesia melalui kompetisi penulisan essay dan pidato agar mahasiswa mampu menggali kembali nilai-nilai luhur Pancasila. “Kompetisi ini bertujuan agar mahasiswa mampu menggali nilai-nilai luhur Pancasila sehingga mendapatkan keyakinan bahwa nilai-nilai luhur itu patut dijadikan pedoman,” kata […]