Harbolnas Gairahkan Perekonomian Nasional

JAKARTA, KP –  Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali diperingati di tanggal cantik. Kali ini adalah Desember 2020 atau 12.12. Momentum kali ini merupakan perayaan Harbolnas di akhir tahun.

Harbolnas tahun ini menawarkan diskon yang sangat fantastis. Gratis ongkir hingga voucher toko 50% ditawarkan untuk menambah kemeriahan hari belanja tersebut.

Salah satu e-commerce menjajakan Iphone Rp12 Ribu. Promo ini membuat warganet merasa kesempatan emas untuk mendapatkan Hp seharga motor. Selain itu, salah satu e-commerce juga memberi promo-promo lainnya. Seperti promo Gratis Ongkir Rp0 hingga 120 Ribu, juga Flash Sale 12 Ribu yang menghadirkan Samsung Galaxy A01 32GB dan Iphone 11 Pro Max.

Ribuan voucher toko 50% membuat akhir promo 12.12 semakin meriah. Seperti yang ditemukan di Twitter, akun atas nama @chocoggukk: “Mana sempat dapat iphone 12ribu :)”. Ia menyertakan foto bahwa Iphone tersebut telah terjual habis.

Harbolnas juga membuat para netizen saling berebut untuk mendapatkan Iphone seharga Rp12 ribu. Tak jarang dari mereka merasa pesimis untuk mendapatkannya. Namun, antusias yang diberikan masyarakat sangat besar di Harbolnas 12.12 tahun ini.

Perputaran uang pada Hari Belanja Online Nasional atau yang biasa disingkat Harbolnas 12.12 tahun ini diharapkan berkontribusi terhadap perekonomian nasional yang tengah lesu akibat pandemi Covid-19. Perputaran uang yang terjadi selama festival belanja daring itu diharapkan dapat membantu konsumen maupun penjual.

Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) Bima Laga mengatakan pihaknya tetap optimistis transaksi bisa menyamai atau bahkan lebih besar dari tahun lalu. Tahun lalu, transaksi Harbolnas mencapai Rp9,1 triliun dengan 51 persen transaksi merupakan penjualan produk lokal.

“Kami berharap, tahun ini setidaknya bisa mencatatkan angka yang sama, dan berharap bisa lebih besar lagi. Kembali ke tujuan utamanya Harbolnas memberikan keuntungan ke semua pihak dan sinergi kolaborasi antar pihak yang kami tekankan,” kata Bima dilansir Lokadata.id, Jumat (11/12).

Dukungan yang disiapkan IdEA sebagai penyelenggara Harbolnas untuk tahun ini adalah bekerja sama dengan kementerian dan sektor perbankan.

Tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberi dukungan untuk produk lokal dari kategori fesyen, kuliner, dan kriya. Konsumen akan memperoleh potongan harga Rp50.000 per transaksi dengan minimal pembelian Rp100.000 di beberapa marketplace yang ditunjuk.

Sementara, Bank Mandiri memberi dukungan potongan harga sebesar Rp75.000 per transaksi. Untuk promo ini, syarat yang ditetapkan adalah minimal pembelian Rp150.000 setelah promo merchant dengan menggunakan kartu kredit dan debit Mandiri.

Bima mengatakan program Harbolnas didorong untuk memberi keuntungan ke seluruh pihak, baik merchant maupun konsumen yang diharapkan terbantu daya belinya dengan adanya potongan langsung .

“Perbedaan yang paling mencolok di sini adalah banyaknya promo potongan harga langsung, bukan sekadar cash back. Sehingga manfaat promo ini bisa lebih dirasakan para konsumen,” kata dia.

Bima berharap Harbolnas tahun ini bisa membawa dampak besar pada perbaikan roda perekonomian Indonesia di penghujung tahun baik untuk konsumen yang terbantu karena tidak harus membeli dengan harga normal dan untuk penjual.

“Penjual ini sebagian besar adalah UMKM, semua promo ini bertujuan menaikkan jumlah dan nilai transaksi mereka. Dengan demikian, semua pihak bisa menikmati dampak positif dari Harbolnas 2020, dan perekonomian kita bisa bertumbuh meski masih di era pandemi,” kata Bima.

Untuk Harbolnas kali ini, IdEA menggandeng sekitar 200 platform yang terdiri dari e-commerce besar dan kecil.

Shopee menjadi salah satu platform e-commerce yang berpartisipasi dalam Harbolnas 2020. Dalam festival belanja hari online kali ini, Shopee menawarkan beragam promo untuk pelanggan. Mulai dari potongan harga, cashback, hingga gratis ongkir.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan pihaknya belum bisa menyebutkan berapa target transaksi Harbolnas kali ini.

“Shopee senantiasa mengoptimalkan berbagai program, fitur, dan performa di setiap kampanye tematiknya agar selalu dapat mencapai target yang lebih baik lagi dari kampanye-kampanye sebelumnya,” kata Handhika melalui keterangan tertulis kepada Lokadata.id.

Lebih lanjut, Handhika menuturkan pihaknya akan terus berupaya mengenalkan beragam produk mitra dan juga produk-produk lokal karya UMKM.

Begitu juga dengan Blibli. VP Business Development dan Project Lead Blibli Histeria 12.12, Cindy Kalensang mengatakan, Harbolnas merupakan momen yang tepat untuk mendorong konsumsi. Blibli pun melakukan kolaborasi dengan ratusan penjual dan jenama dari berbagai sektor, mulai dari FMCG hingga UMKM.

“Kolaborasi ini sangat penting dalam upaya pemulihan ekonomi, terutama di penghujung tahun yang menjadi kesempatan terakhir untuk mencetak penjualan,” kata Cindy kepada Lokadata.id.

Menyadari bahwa UMKM adalah penopang ekonomi Indonesia, Blibli juga turut mendukung pemerintah dalam membantu UMKM go digital. Salah satu yang dilakukan Blibli adalah mempermudah proses onboarding dan meniadakan berbagai biaya seperti komisi dan deposito. Hasilnya pun positif, sebab selama pandemi kategori ini tumbuh tujuh kali lipat.

KENAIKAN PENJUALAN 15-20 PERSEN

Adanya pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat membuat tren belanja online meningkat.Sebelumnya, sejumlah e-commerce yang menggelar festival belanja daring secara tematik seperti 10.10 mengakui ada pertumbuhan transaksi selama festival itu.

Blibli misalnya mencatat respon positif dari promo 10.10 dan 11.11, yang mana pada promo 10.10, terjadi peningkatan order hingga 4 kali lipat dibanding rata-rata transaksi year-to-date. Hal yang sama juga terjadi pada 11.11, di mana terjadi peningkatan pembelian hingga tiga kali lipat di salah satu program promo.

“Oleh karena itu, kami optimis Histeria 12.12 dapat mencatat hasil yang baik, tentunya dengan dukungan ratusan sellers, brands, hingga UKM,” kata Cindy.

Hypefast, perusahaan rintisan yang mendukung merek lokal, mencatat, dalam gelaran promo 10.10, terjadi peningkatan jumlah transaksi 27 kali lipat lebih banyak dibandingkan hari normal. Tak hanya itu, pendapatan juga meningkat sebanyak 21 kali lipat lebih besar dalam satu hari tersebut.

Oleh karena itu, Pendiri Hypefast Achmad Alkatiri mengatakan pihaknya akan tetap melanjutkan kehadiran promo di setiap gelaran belanja online sebab baik jumlah transaksi maupun pendapatan meningkat dalam festival itu.

Ketua Umum Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey memperkirakan kenaikan penjualan pada Harbolnas 2020 yang jatuh pada 12 Desember naik 15-20 persen.

Roy optimistis penjualan Harbolnas di masa pandemi kali ini tetap tumbuh karena sejumlah faktor. Yang pertama adanya sentimen positif kehadiran vaksin dan tren inflasi November 2020 yang membaik. “Ini menunjukkan adanya permintaan,” kata Roy, dikutip dari Tempo.co

Selain itu, Roy mengatakan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada November 2020 tercatat sebesar 92,0, meski belum mencapai 100 namun hal itu lebih baik dibandingkan capaian pada Oktober 2020 yang sebesar 79,0.

Penguatan IKK ini terpantau di seluruh kategori pengeluaran dan usia responden. Hal ini didorong oleh ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depannya.Tahun lalu, kenaikan penjualan secara tahunan tumbuh 30 persen. Harbolnas pada 2019 mencatatkan penjualan Rp9 triliun atau naik 30 persen dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar Rp6,8 triliun. (lkd)

Next Post

SEBULAN MENJELANG PEMILIHAN KAPOLRI BARU Akankah Muncul ‘Kuda Hitam’ Pesaing Komjen Pol Listyo?

Ming Des 13 , 2020
JAKARTA, KP – Komjen Listyo Sigit Prabowo berjalan pelan menuju […]