INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2020 Kota Sawahlunto Raih Penghargaan ‘Kota Sangat Inovatif’ dari Kemendagri

SAWAHLUNTO, KP – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto berhasil melakukan inovasi dalam mengelola pemerintahan. Untuk itu, Kemendagri memberikan ‘kado’ yakni predikat Kota Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 sebagai apresiasi pada inovasi – inovasi di Pemko Sawahlunto.
Penghargaan ‘Kota Terinovatif’ pada Kota Sawahlunto itu diterima Walikota Sawahlunto Deri Asta dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Muhammad Hudori atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnaviandi Jakarta, Jumat (18/12).
Disampaikan Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori, Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai apresiasi terhadap inovasi – inovasi yang telah dilakukan.
“Ini turut menjadi sarana monitoring dari pemerintah pusat pada gerak inovasi di daerah – daerah,” ujar Muhammad Hudori.
Pemko Sawahlunto sendiri, memang sudah akrab dengan inovasi. Betapa tidak, kata inovasi langsung ada dalam visi Kota Sawahlunto, yakni ‘dengan kebersamaan kita wujudkan Sawahlunto sebagai kota wisata yang Kreatif, Inovatif, Unggul, Bermartabat, Berkeadilan dan Sejahtera’.
Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutpenghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kemendagri telah menunjukkan bahwa Pemko Sawahlunto sudah berada di jalur yang benar dalam menciptakan inovasi dan kreasi pada pengelolaan pemerintahan.
“Kami berterimakasih kepada segenap jajaran stakeholder (pemangku kebijakan) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mana atas kinerjanya telah berperan membuat Sawahlunto memperoleh penghargaan ini. Kemudian, penghargaan ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Sawahlunto,” kata Walikota Deri Asta.
Ditambahkannya, penghargaan yang didapat di penghujung tahun 2020 ini hendaknya menjadi pemacu semangat untuk mempertahankan serta meningkatkan prestasi di tahun mendatang. Juga jangan sampai berpuas diri dengan penghargaan yang ada sekarang.
Sementara, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kota Sawahlunto Mukhsis, menyampaikan Pemko Sawahlunto mengusulkan sejumlah 7 inovasi untuk dinilai oleh tim Kemendagri dalam ajang IGA 2020 ini.
“Sesuai dengan arahan dari bapak Walikota dan Wakil Walikota, bahwa semua OPD itu harus ada mempunyai program inovasi. Nah dari inovasi – inovasi itu, kita pilih ada sebanyak 7 yang diusulkan untuk penilaian ke Kemendagri,” ujar Mukhsis.
Inovasi – inovasi yang dikirimkan tersebut, memperoleh nilai rata – rata per 1 inovasi yakni183 (masuk dalam kategori nilai tinggi, sebab skor maksimal adalah 210). Sementara untuk nilai total mencapai lebih dari 1.000, sehingga dengan capaian di atas 1.000 itu menempatkan Sawahlunto sukses memboyong predikat ‘Kota Sangat Inovatif’.
“Tentunya dengan penghargaan ini sedikit banyak membantu menunjang Sawahlunto agar memperoleh perhatian daripemerintah pusat. Sehingga harapan kita, nanti akan banyak program/kebijakan atau pun perhatian lain dari pemerintah pusat untuk Sawahlunto,” kata Mukhsis. (mas)

Next Post

Alumni Pertanyakan Ijazah yang akan Diterima Mahasiswa pada Wisuda STKIP PGRI Sumbar

Jum Des 18 , 2020
PADANG, KP- Himpunan Alumni STKIP PGRI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)diresahkan […]