Ka Kankemenag Tanahdatar Berikan Bimbingan Perkawinan Kepada Catin

BATUSANGKAR, KP – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanahdatar, H. Syahrul memberikan arahan dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Angkatan XI Tahun 2020 di gedung pertemuan Kecamatan Rambatan Selasa (8/12). Dengan terlaksananya Bimwin Angkatan XI yang merupakan angkatan terakhir tahun 2020 itu, berarti sudah 200 pasang calon pengantin (400 orang) yang telah diberikan Bimbingan Perkawinan oleh Seksi Bimas Kantor Kemenag Kabupaten Tanahdatar.

Di samping itu Bimwin angkatan XI tersebut diikuti sebanyak 30 pasang (60 peserta) berasal dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanahdatar. Dalam kesempatan tersebut Ka Kankemenag H. Syahrul bertindak selaku pemateri dengan judul paparan kebijakan bimwin dan mempersiapkan pernikahan yang sakinah.

Sementara H. Alinardius dengan judul materi memenuhi kebutuhan keluarga dan mempersiapkan generasi yang berkualitas. Kemudian Raudhatul Jannah dengan judul materi kontrak belajar, pretest, membangun hubungan dalam keluarga dan refleksi postest dan evaluasi. Sedangkan dari Dinas Kesehatan menyampaikan materi dengan Judul menjaga kesehatan reproduksi.

Dalam materinya, Ka Kankemenag mengingatkan bagi para pasangan calon pengantin agar setelah mengharungi bahtera keluarga nanti yang perlu diingat ialah memahami karakter dari masing-masing istri dan suami. Harus paham dengan larangan dan pantangannya.

Dijelaskannya, sebagai seorang muslim minangkabau, setelah menikah, ada orang tua yang ditinggalkan dan orang tua yang didapatkan (mertua). Jadi orang tua kandung baik dari suami maupun istri harus dperlakukan sama dengan mertua dari istri atau suami.

Lebih lanjut dijelaskannya, setelah pasangan calon penganti (catin) menikah nanti dan dikaruniai anak, bagi yang mendapat anak laki-laki, orang tua wajib mengazankan. Dan bagi yang mendapat anak perempua, orang tuanya wajib mengikamatkan. Setelah anak mulai tumbuh, dalam memenuhi kebutuhannya berikanlah mereka makanan yang bersumber dari barang halal, sehingga mereka tumbuh dengan sehat. 

Kemudian setelah mulai berakal, berikanlah mereka pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga ke tingkat perguruan tinggi dan tentunya pendidikan Agama Islam yang paling penting. Terakhir Ka Kankemenag mengharapkan agar para catin dapat mempraktekkan apa yang telah didapat dalam Bimwin itu setelah berumah tangga nanti.

Dengan selesainya kegiatan Bimwin mulai dari angkatan I hingga angkatan XI tahun 2020 itu, di Kabupaten Tanahdatar sudah 200 pasang atau 400 orang calon pengantin yang sudah diberikan Bimbingan Perkawinan selama tahun 2020. Sedangkan Bimwin untuk mereka usia pra nikah (usia sekolah) di Kabupaten Tanahdatar sudah dilaksanakan sebanyak 2 angkatan dengan peserta 60 orang. (mas)

Next Post

Madra Indriawan Resmi Dilantik Jadi PAW DPRD Kabupaten Solok

Sel Des 8 , 2020
SOLOK, KP – Madra Indriawan akhirnya dilantik menjadi Pengganti Antar […]