Kanwil Kemenkumham Sumbar Rekomendasikan 15 Perda Kabupaten Solok Dicabut

SOLOK, KP – Kanwil Kemenkumham Sumbar mengggelar kegiatan ‘Pilah Perda’yang merupakan kegiatan pendampingan inventarisasi, analisis, evaluasi, dan harmonisasi peraturan daerah. Dalam kegiatan ini, Kanwil Kemenkumham Sumbar melakukan kerjasama dengan 19 kabupaten dan kota di Sumbar untuk melakukan pendampingan evaluasi terhadap perda yang bermasalah dan bertentangan dengan peraturan perundang-undanganuntuk kemudian dicabut oleh pemda yang bersangkutan.
Kegiatan ini pertama kali dilakukan di Kabupaten Solok, Senin lalu (14/12), dengan mengevaluasi 21 Peraturan Daerah. Hadir dalam kegiatan itu Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Staf Ahli Bidang Administrasi, Asisten, Kabag Hukum, Kabag Kesra, Barenlitbang, Biro Organisasi, DPMD, Kabag Dinas Tenaga Kerja, dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Solok.
Kegiatan ini difasilitasi oleh Kabid Hukum, Kasubbid FPPHD / Perancang Ahli Madya dan Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat.
Dari hasil ‘Pilah Perda’ ini diperoleh rekomendasi 15 perda harus dicabut dan dinyatakan tidak berlaku, 3 perda tetap, dan 3 perda perlu diubah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.
Kegiatan Pilah Perda ini dilakukan dalam rangka mendukung kebijakan pusat dalam penyederhanaan regulasi dan mencabut perda yang menghambat investasi dan bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. (mas)

Next Post

PENUTUPAN PROGRAM TAHUN 2020, Aqua Solok dan Yayasan FIELD Indonesia Gelar Field Day

Sel Des 15 , 2020
SOLOK, KP – PT Tirta Investama pabrik Solok yang bekerjasama dengan Yayasan FIELD Indonesia, menggelar serangkaian acara penutupan program tahun 2020 yang biasanya disebut Hari Temu Lapangan (Field Day), Selasa (15/12). Menyusul di awal Desember lalu tepatnya 4 Desember 2020, program STBM juga sudah diserahkan kepada masyarakat dan Pemerintah Nagari […]