Kejari Padang Pindahkan Puluhan Tahanan Pernah Reaktif Covid-19

PADANG, KP – Kejaksaan Negeri (Kejari) Padangmemindahkan 27 orang tahanan yang sebelumnya diisolasikarena hasil tes cepat (rapid test) menyatakan mereka semua reaktif Covid-19, Rabu (16/12).

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Padang, Yarnes, mengatakan hasil reaktif para tahanan tersebut diketahui ketika kejaksaan akan memindahkan 98 tahanan kejaksaan dari sel polisi ke rutan pada Senin lalu (14/12).

Sebelum dipindahkan, seluruh tahanan menjalani tes rapid hingga akhirnya 27 tahanan dinyatakan reaktif, yaitu dua tahanan perempuan dan 25 orang laki-laki.Para tahanan yang dinyatakan reaktif ituakhirnya menjalani isolasi terlebih dahulu di sel tahanan Kejari Padangdan dilakukan tes usap (swab).Tes swab dilakukan kepada 27 tahanan pada Senin (14/12), sebelum hasilnya keluar pada Rabu ini yang menyatakan seluruhnya negatif Covid-19.

“Karena hasil tes swab telah keluar dan menyatakan negatif, akhirnya para tahanan yang diisolasi di sel tahanan kejaksaan kami pindahkan ke Rutan Padang,” ujarnya.

Proses pemindahan puluhan tahanan dikawal ketat oleh petugas pengawal Kejari Padang serta personel Kepolisian Resor Kota Padang.

Yarnes menjelaskan seluruh tahanan kejaksaan yang akan dipindahkan ke rutan saat ini wajib dilakukan tes cepat Covid-19.

“Bagi tahanan yang hasilnya reaktif langsung dilanjutkan dengan tes swab,” katanya pula.

Hal itu dilakukan demi memastikan kondisi kesehatan para tahanan, sekaligus menjaga tahanan yang ada di rutan agar tidak terinfeksi virus.

“Dalam pemindahan tahanan, kami tetap berkoordinasi dengan penyidik kepolisian, pengadilan, serta Kanwil Kemenkumham Sumbar,” katanya.

Kejari Padang hingga saat ini masih menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara ketat dan tegas. (ant)

Next Post

HASIL PLENO, MAHYELDI - AUDY UNGGUL 48,25 PERSEN, Partisipasi Pemilih Pilgub Sumbar di Padang 52 Persen

Kam Des 17 , 2020
PADANG, KP – Ketua KPU Padang Riki Eka Putra mengatakan berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pilgub Sumbar 2020, partipasi pemilih di Padang hanya sebanyak 52 persen. Dibandingkan Pilgub Sumbar tahun 2015, persentase jumlah partisipasi pemilih sama. Namun, jumlah pemilih yang datang ke TPS pada pilgub 2020 ini bertambah dibandingkan sebelumnya. “Penambahan […]