Kejari Pasaman Musnahkan 11.060,145 Gram Ganja dan Sabu

LUBUKSIKAPING, KP – Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasaman melaksanakan pemusnahan barang bukti Perkara Tindak Pidana Umum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkrah) yang amar putusannya ‘dirampas untuk dimusnahkan’. Adapun barang bukti yang dimusnakan, yakni narkotika jenis ganja dan sabu dengan total keseluruhan seberat 11.060,145 gram.

Selain memusnahkan BB narkoba, pihak kejaksaan juga memusnahkan BB tindak pidana umum lainnya, seperti perkara kasus pencurian dan yang diputus Pengadilan Negeri Lubuksikaping. Pelaksanaan pemusnahan tersebut dilakukan Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan serta pelaksanaannya dipimpin langsung Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman, Fitri Zulfahmi. Yang mana dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam drum di halaman kejaksaan setempat, Kamis (17/12).

Turut hadir dalam acara pemusnahan itu jajaran Polres Pasaman, Kodim 0305/Pasaman, Dinas Kesehatan Pasaman, Satpol PP Pasaman, Pengadilan Negeri Lubuksikaping, Kasi Intelijen, Kasi Pidum, Kasi Pidsus dan Kasi BB Kejari Pasaman serta Kasubag Pembinaan sebagai leading sektor.

Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman, Fitri Zulfahmi didampingi Kasi Barang Bukti Yus Iman mengatakan, jumlah keseluruhan BB narkotika jenis sabu yang dimusnahkan hari ini (kemarin-red) seberat 104,176 gram. “Untuk narkotika jenis ganja yang dimusnahkan hari ini seberat 10.722,909 gram. Sedangkan jenis sabu seberat 104,176 gram,” terangnya. 

Dikatakannya, pemusnahan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Kejari Pasaman terhadap barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah) di mana bertujuan mengurangi penumpukan barang bukti. “Ini untuk menghindari penumpukan barang bukti yang ada di Kejari Pasaman. Nah tentunya dari perkara yang sudah inkrah baru kita laksanakan pemusnahan. Ke depan kita juga akan terus melaksanakan pemusnahan barang bukti untuk perkara-perkara yang telah inkrah,” jelasnya.

Sementara itu Kasi Barang Bukti, Yus Iman menjelaskan, barang bukti narkotika yang dimusnahkan berasal dari 30 perkara terhitung Juli-Desember 2020. “Barang bukti yang dimusnahkan dari 30 perkara ini sudah diputus Pengadilan Negeri Lubuksikaping. Sebelumnya berat kotor keseluruhan narkotika jenis ganja ini 433.700,635 gram, yang telah dimusnahkan di Polres Pasaman. Dari jumlah BB tersebut, yang kami terima untuk bukti di persidangan dari penyidik seberat 182,38 gram disisihkan untuk penelitian labor. Sedangkan berat bersih yang diterima keseluruhan seberat 10.722,909 gram,” bebernya. 

Sedangkan narkotika golongan I jenis sabu kata dia, memiliki berat kotor keseluruhan sebelumnya seberat 1.071,38 gram dan juga telah dimusnahkan di Polres Pasaman. Dari BB narkoba jenis sabu seberat 1.071,38 gram itu disisihkan untuk penelitian labor seberat 50,68 gram. Dan berat bersih yang diterima keseluruhan seberat 104,176 gram. “Jadi berat keseluruhan barang bukti narkotika jenis ganja dan sabu yang dimusnahkan seberat 11.060,145 gram,” tandasnya.

Terakhir kata dia, selain memusnahkan BB narkoba, pihak Kejaksaan juga memusnahkan BB tindak pidana umum lainnya, seperti BB kasus pencurian yang diputus Pengadilan Negeri Lubuksikaping. (nst)

Next Post

Kodim 0308/Pariaman dan Korem 032/Wbr Gelar Latihan Menembak

Kam Des 17 , 2020
PARITMALINTANG, KP – Kodim 0308/Pariaman dan Korem 032/Wirabraja Kodam I BB Gelar Latihan Menembak (Latbak) Senjata Ringan di Lapangan Tembak Kayu Tanam, Rabu (16/12). Dandim 0308/Pariaman, Letkol Czi Titan Jatmiko mengatakan, latihan menembak itu dilakukan guna meningkatkan profesionalisme dan kemampuan menembak prajurit TNI. “Latihan menembak triwulan IV ini menggunakan senjata […]