Kodim 0308/Pariaman dan Korem 032/Wbr Gelar Latihan Menembak

PARITMALINTANG, KP – Kodim 0308/Pariaman dan Korem 032/Wirabraja Kodam I BB Gelar Latihan Menembak (Latbak) Senjata Ringan di Lapangan Tembak Kayu Tanam, Rabu (16/12).

Dandim 0308/Pariaman, Letkol Czi Titan Jatmiko mengatakan, latihan menembak itu dilakukan guna meningkatkan profesionalisme dan kemampuan menembak prajurit TNI. “Latihan menembak triwulan IV ini menggunakan senjata ringan yang dilaksanakan di lapangan tembak Kabun Doktor Korong Titian Panjang, Nagari Kayu Tanam, Kecamatan 2XII Kayu Tanam, Kabupaten Padangpariaman,” ujarnya.

Disebutkannya, latihan menembak yang dilaksanakan setiap triwulan sekali itu ditujukan agar dapat menjaga kemampuan prajurit Kodim 0308/Pariaman dalam hal menembak. Di mana Kodim merupakan satuan kewilayahan dengan tugas dan fungsinya memang berbeda dengan satuan tempur. Tetapi sebagai seorang prajurit TNI, kemampuan menembak merupakan hal yang harus dikuasai setiap prajurit.

Lanjutnya, latihan menembak senjata ringan memang sudah menjadi program di seluruh satuan TNI AD, khususnya jajaran Kodam I/Bukitbarisan. Hal itu dilakukan untuk menjaga kemampuan menembak prajurit agar memenuhi standar nilai yang diharapkan satuan. Dengan latihan yang terprogram, tentunya akan semakin mengasah kemampuan menembak para prajurit. 

“Harapannya dengan latihan menembak ini maka prajurit semakin mahir dalam menembak, kemudian latihan menembak senjata ringan ini juga merupakan bentuk pembinaan personel khususnya bidang latihan,” ungkapnya.

Dengan latihan yang terprogram dan terencana setiap triwulan itu kata dia, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personel Kodim 0308/Pariaman. “Oleh sebab itu seluruh personel Kodim 0308/Pariaman wajib mengikuti Latihan Menembak Senjata Ringan yang dilaksanakan sekali dalam satu triwulan,” terangnya.

Sementara itu Kapten Arm Azral selaku Danlat mengatakan, dalam melaksanakan latihan menembak (Latbak) hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga keamanan diri sendiri dan rekan-rekannya. “Hindari kegiatan yang tidak perlu dilakukan, perhatikan dalam pembawaan senjata, laras harus mengarah ke atas, apabila senjata mengalami gangguan laporkan ke pengawas. Anggota yang melaksanakan latihan menembak harus mengikuti arahan dari pengawas lajur atau koordinator menembak,” tegasnya.

Dikatakannya, pelaksanaan menembak sesuai materi yaitu menembak senapan M 16 A1 jarak 100 meter dengan tiga sikap. Di antaranya tiarap, duduk dan berdiri. Di samping itu kata dia, latihan menembak itu akan dilaksanakan selama dua hari, yakni 16-17 Desember 2020. Selama latihan, prajurit yang menembak diawasi secara ketat oleh Pimpinan Petembak (Pibak) dan Pengawas Lajurnggota. Yang melaksanakan latihan menembak harus mengikuti arahan dari pengawas lajur atau koordinator menembak. (war)

Next Post

BUKA JAMBORE DI NAGARI DURIAN TINGGI, Masrida Pohan Maraondak: Keberhasilan PKK Ditentukan Partisipasi Masyarakat

Kam Des 17 , 2020
LUBUKSIKAPING, KP – Pembukaan Jambore Kader PKK Tingkat Nagari Durian […]