KPU Payakumbuh Tetapkan Hasil Perhitungan Suara Pilgub dan Wagub Sumbar

PAYAKUMBUH, KP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh tetapkan hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2020 tingkat Kota Payakumbuh, di Aula Husni Kamil Manik Lt. II Kantor KPU Kota Payakumbuh, Selasa (15/12).

Dalam penghitungan di tingkat Kota Payakumbuh itu Paslon Mulyadi dan Ali Mukhni memperoleh 12.892 suara, Paslon Nasrul Abit dan Indra Catri 8.978 suara, Paslon Fakhrizal dan Genius Umar 3.543 suara, sedangkan Paslon Mahyeldi dan Audy Joinaldy memperoleh suara 22.003.

Berdasarkan hasil perolehan suara Paslon tersebut, jumlah warga Payakumbuh terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 47.743 pemilih dari 93.671 jumlah pemilih DPT Kota Payakumbuh. Di mana pemilih yang Pindah Memilih menggunakan hak pilihnya 282 pemilih dari 313 pemilih yang terdata. Sedangkan jumlah pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT menggunakan hak pilihnya dengan KTP-el 363 pemilih. “Dari data tersebut dapat kita simpulkan hanya 51,45 persen warga Payakumbuh yang menggunakan hak pilihnya dari target 77,5 persen yang ditetapkan KPU,” kata Ketua KPU, Haidi Mursal.

Dengan telah ditetapkannya hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2020 tingkat Kota Payakumbuh pada pukul 20.56 WIB, Haidi mewakili Komisioner KPU lainnya beserta jajaran mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat atas suksesnya Pemilihan di tingkat Kota Payakumbuh. “Terimaksih kami ucapkan kepada semuanya, semoga ini menjadi ladang amal dan ibadah bagi kita semua, terutama kepada PPK, PPS dan KPPS se-Kota Payakumbuh,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz memberikan apresiasi kepada seluruh penyelenggara Pilkada di Kota Payakumbuh serta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraannya. sehingga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumbar di Payakumbuh berjalan sukses, lancar, aman dan damai.

“Terimakasih kepada semua pihak, dari pantauan kami di lapangan di hari pencoblosan, semuanya berjalan dengan aman. Dan terimakasih juga kepada seluruh masyarakat Kota Payakumbuh yang telah menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada tahun 2020 ini,” kata Wawako Erwin Yunaz.

Ke depannya orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu berharap agar partisipasi pemilih di Payakumbuh bisa jauh di atas target yang telah ditetapkan KPU. Sehingga nantinya proses demokrasi di Payakumbuh dapat berjalan lebih baik lagi. “Di Pilkada yang akan datang kita harus gencar mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga partisipasi pemilih dapat meningkat, mungkin saat ini karena pandemi Covid-19 partisipasi pemilih menurun tidak sesuai dengan target yang kita harapkan,” ulasnya.

Selain itu dari pantauan media di lokasi, semua saksi masing-masing Paslon serta Bawaslu Kota Payakumbuh menerima semua hasil tanpa ada keberatan dan rekomendasi. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Forkopimda Kota Payakumbuh, Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh Muhamad Kadafi beserta jajaran, Kakan Kesbangpol Kota Payakumbuh Buddy D. Permana, saksi masing-masing pasangan calon serta Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) se-Kota Payakumbuh. (dst)

Next Post

3 Dinas Raih Penghargaan Tertib Bayar BPJS Kenagakerjaan

Kam Des 17 , 2020
PAYAKUMBUH, KP – Piagam penghargaan ketertiban membayar iuran Badan Penyelenggara Jaminan […]