Manchester Membara!

MANCHESTER, KP – Duel panas dua tim sekota, Manchester United vs Manchester City, akan tersaji pada pekan ke-12 Liga Inggris. Pertandingan akan berlangsung di Old Trafford, Minggu dinihari WIB (13/12) mulai pukul 00.30 WIB.

‘The Red Devils’ mulai menunjukkan peningkatan performa di ajang Liga Inggris setelah mampu menembus peringkat enam klasemen sementara dengan perolehan 19 poin dari 10 laga yang sudah dijalani anak asuh Ole Gunnar Solksjaer.

Hal tak jauh berbeda dialami anak asuh Pep Guardiola. Saat ini The Citizens bertengger di posisi 7 klasemen sementara dengan 18 poin hasil dari 5 kali menang, 3 kali imbang, dan 2 kali menelan kekalahan dari 10 laga awal.

Derby Manchester kali ini diyakini akan menjadi laga yang sangat ketat mengingat kedua tim sama-sama sedang dalam peningkatan performanya. Di laga terakhir EPL, MU mampu mengalahkan tuan rumah West Ham dengan skor 1-3, sedangkan Manchester City mengalahkan Fulham 2-0 dalam laga kandang.

Laga derby ini menjadi laga penting dan sarat gengsi mengingat kedua tim saat ini hanya berselisih 1 poin. Kemenangan dalam laga ini juga menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena memiliki historis yang panjang.

The Citizens datang ke Old Trafford dengan modal yang baik. Setelah menang atas Fulham di EPL pekan lalu, anak asuh Pep Guardiola kembali meraih kemenangan di ajang Liga Champions atas Marseille dengan skor 3-0 dan memastikan langkah mereka ke babak 16 besar.

Namun, yang patut dijadikan catatan adalah rekor pertemuan antara kedua tim. City selalu kalah dalam 2 pertemuan terakhir dan gagal mencetak gol. Selain itu, dari 5 pertemuan terakhir, anak asuh Guardiola hanya mampu meraih 1 kemenangan. Sedangkan 3 laga lain menjadi milik MU, dan 1 laga berakhir imbang.

Performa Manchester United

Performa Manchester United sepanjang musim dapat diukur dari aspek penguasaan bola mereka. Data OptaJoe menunjukkan The Red Devils tercatat mampu menciptakan 3181 umpan akurat dari total 3779 kali umpan. Jika dilihat lebih jauh, The Red Devils menghasilkan 829 umpan akurat di sepertiga terakhir lapangan.

Dari statistik yang demikian, jumlah keberhasilan Manchester United dalam menciptakan open play (permainan terbuka) adalah 3062 dari 63 percobaan. Skema ini membuahkan 8 gol dari permainan terbuka yang diterapkan pelatih Manchester United O. Solskjær.

Namun, permainan The Red Devils tidak dapat dilihat dari aspek itu semata. Mereka juga mengandalkan bola mati. Dari 3 percobaan tendangan bebas langsung ke gawang musuh, tercatat 1 di antaranya bisa diamankan kiper lawan, sedangkan 1 yang lain mentah.

Terkait tendangan sudut, Manchester United total memiliki 36 corner, dan menciptakan 17 peluang dari skema itu.

Performa Manchester City

Lawan tuan rumah kali ini adalah sang tamu Manchester City yang di klasemen Liga Inggris ada di urutan 10. Hingga pekan termutakhir, tim ini mendapatkan 3 kali kemenangan, 3 kali seri, dan 1 kali kalah.

The Citizens secara keseluruhan menciptakan 4422 umpan, dengan jumlah umpat akurat yang mencapai angka 3873 kali. Mereka bisa menjadi ancaman untuk pertahanan tuan rumah jika melihat 911 kali umpan sukses di wilayah berbahaya lawan sepanjang musim.

Ada kecenderungan tim yang bertandang bakal lebih banyak bertahan atau melakukan percobaan dari luar kotak penalti. Terkait hal ini Manchester City tercatat membuat kali percobaan dengan jarak lebih dari 16 meter dari gawang. Tingkat keberhasilannya adalah kali gol.

Namun, Manchester City juga bisa berbahaya di dalam kotak penalti. Tim yang diasuh Guardiola ini memiliki 58 kali percobaan dari wilayah terlarang, dan menghasilkan 9 gol. Ini akan menjadi masalah bagi pertahanan tuan rumah, yang bakal berupaya clean sheet agar tim mereka memetik tiga angka penuh.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Manchester United: David De Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindeloef, Harry Maguire, Alex Telles; Scott McTominay, Fred, Juan Mata, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Mason Greenwood

Manchester City: Ederson; Joao Cancelo, Ruben Dias, John Stones, Kyle Walker; Ilkay Guendogan, Rodrigo; Raheem Sterling, Kevin De Bruyne, Riyad Mahrez; Gabriel Jesus. (ak/*)

Next Post

Penjual Pempek Keliling Cabuli Anak di Bawah Umur

Jum Des 11 , 2020
PADANG, KP – Seorang pria berinisial MR (22 tahun) terpaksa harus berurusan dengan polisi setelah diduga mencabuli seorang anak perempuan di bawah umur. Pria yang bekerja sebagai pedagang pempek keliling di wilayah Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, itu pun diringkus polisi setelah dilaporkan warga yang memergoki aksinya. Kapolsek Koto TangahKompol […]