MILIKI KELAINAN KELAMIN, Tim Sosial Jumat Berkah KJB Jannah Kunjungi Rumah Syahidah Rasyid

SOLOK, KP – Tim Sosial Jumat Berkah KJB Jannah di bawah pimpinan Haris Wandi, Jumat (11/12) mengunjungi rumah bocah malang Syahidah Rasyid (3 tahun), anak dari pasangan Dedi Wahyudi dan Ayu Rahmadbanis, warga Jorong Pasa Usang, Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok yang memiliki kelainan kelamin. 

Menurut ibu bocah malang itu, anaknya yang mengalami kelainan jenis kelamin bawaan dari lahir itu sudah dioperasi selama tiga kali di RSUP M Djamil Padang dan membutuhkan biaya sangat besar. Yang mana bocah malang itu menjalani operasi untuk menentukan jenis kelaminnya. “Dia harus dioperasi untuk menentukan jenis kelaminnya yang lebih cenderung ke perempuan,” sebut Ayu Rahmadbanis.

Dijelaskannya, menurut dokter, Syahidah Rasyid mengalami kelainan jenis kelamin atau disebut Estrhopy buli bledder. Penyakit itu termasuk penyakit langka  dan bisa diatasi dengan melakukan operasi besar (join kompre). Operasinya harus dilakukan oleh dr Tulang Orthopedi yang bekerjasama dengan dr. Bedah Urologi.

Awalnya Jenis kelamin anak itu tidak jelas. Namun setelah dilakukan operasi tahap pertama, berkemungkinan besar perempuan dan saat ini dalam operasi pembentukan kelamin. “Seharusnya  Syahidah Rasyid dirujuk ke RSCM di Jakarta. Di Sumbar satu-satunya dokter yang bisa membantu operasi ini adalah dosen kedokteran Unand. Apabila kerjasama ini bisa terwujud, maka kasus ini bisa ditangani di RSUP Dr. M Djamil di Padang,” sebut ibu bocah malang itu kepada tim Jumat berkah.

Namun masalahnya, orang tua malang itu terkendala biaya. Meski ada BPJS, namun untuk biaya sehari-hari dan pembelian alat kedokteran keluarga juga masih kesulitan. Apalagi mereka saat ini sibuk menunggu dan menjaga anak mereka di RSUP M. DJamil Padang, karena baru siap operasi pertama, otomatis tidak ada penghasilan. Berbagai cara dilakukan bibi bocah malang itu, termasuk akan mendatangi kantor Walinagari. Bahkan pihaknya berharap ada bantuan dari Dinas Sosial, Baznas ataupun dari pihak lain.

Pada kesempatan tersebut leluarga itu menyampaikan terimakasih kepada Tim Sosial Jumat Berkah KJB Jannah yang sudah dengan rendah hati membantu keluarganya. “Semoga tim Jumat berkah dilimpahkan pahala oleh Allah,” sebut Ayu Rahmadbanis.

Di samping itu dalam kunjungannya Tim Sosial Jum’at Berkah KJB Jannah juga memberi bantuan sosial kepada keluarga kurang mampu itu. “Setiap Jumat kami turun ke rumah-rumah warga untuk membantu sedikit beban mereka yang tidak tersentuh pemerintah,” sebut Haris Wandi.


Pihaknya mengaku setiap Jumat turun ke nagari-nagari untuk membantu warga kurang mampu. Di mana pada Minggu lalu tim sosial itu mengunjungi rumah Risa Fiona Khiara (6 tahun), korban luka bakar di Jorong Bansa, Nagari Gauang, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.

Risa Fiona Khiara merupakan anak ketiga dari pasangan Buyanir (51 tahun) yang sehari-hari bekerja sebagai buruh dan pemetik madu lebah dan isterinya Jar Niarti (46 tahun) memiliki pekerjaan tukang cuci, kehidupannya sangat memilukan. Anak keduanya bernama Refaldo (13 tahun) juga mengalami tunanetra. Di mana kondisi keuangan keluarga mereka yang membuat tidak punya biaya berobat.

Bagi pembaca dan dermawan yang ingin membantu pengobatan bocah malang Syahidah Rasyid (3 tahun), bisa menghubungi rumah korban atau melalui rekening BRI atas nama Arwitamarni di Nomor Rek 555201017749534. (wan)

Next Post

SUKSES MENANGKAN PILKADA PASAMAN, Benny Utama-Sabar AS Ajak Masyarakat Bersama Membangun Pasaman

Jum Des 11 , 2020
LUBUKSIKAPING, KP – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Benny Utama-Sabar AS, mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunianya. Sehingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur-Wakil Gubernur dan Bupati-Wakil Bupati dapat berjalan baik dan aman di Kabupaten Pasaman. Benny Utama mengatakan, pelaksanaan Pilkada […]