Pasaman Gelar Deklarasi Damai Pilkada 2020

LUBUKSIKAPING, KP – Polres Pasaman bersama Pemerintah Kabupaten setempat menggelar acara Deklarasi Damai Masyarakat Kabupaten Pasaman Menyongsong Pilkada 2020 di Lantai 3 kantor Bupati Pasaman, Kamis (3/12). Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati Pasaman diwakili Asisten I Yasri Uripsyah, Forkompimda, KPU Pasaman, Bawaslu Pasaman, Ketua MUI, Paslon Bupati Pasaman H. Benny Utama dan Sabar AS, Ketua Timses Besar, Timses Calon Gubernur Sumbar serta awak media.

Kegiatan itu ditandai dengan pernyataan dan penandatanganan tekad damai oleh tokoh masyarakat, Paslon Bupati Kabupaten Pasaman, Ketua Timses Calon Bupati Pasaman, Timses Calon Gubernur Sumbar.

Kapolres Pasaman, AKBP Dedi Nur Andriansyah menyampaikan kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk menjaga stabilitas Kamtibmas dalam rangka mewujudkan Pilkada aman, damai dan sehat di Kabupaten Pasaman. Dirinya juga mengajak seluruh elemen masyarakat menolak semua bentuk berita hoaks, isu sentimen, sara, ujaran kebencian dan hal-hal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat. Dengan dalih ataupun untuk kepentingan apapun, termasuk cara berpolitik yang tidak sehat.

Pihaknya berharap, hendaknya segenap masyarakat dapat memahami bahwa Pilkada merupakan agenda pesta demokrasi yang rutin setiap 5 tahun sekali. Jangan sampai momen berdemokrasi tersebut dimanfaatkan kelompok tertentu yang ingin memecah belah dan mengadu domba masyarakat dan tidak terpolarisasi. Meski berbeda pilihan politik, situasi harus dijaga bersama-sama.

Ia juga meminta kepada tokoh-tokoh agama dan masyarakat agar dapat menciptakan suasana yang sejuk dan menguatkan rasa toleransi antar umat beragama di Wilayah Pasaman. Kemudian dalam melaksanakan kegiatannya nanti juga tetap mengikuti protokol kesehatan dengan cuci tangan, menjaga jarak di TPS dan wajib pakai masker, agar terhindar dari Covid-19.

Sementara itu Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis diwakili Asisten I Yasri Uripsyah juga berharap, agar seluruh rangkaian perhelatan Pilkada serentak 2020 dapat berlangsung sukses dan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 agar tidak menjadi klaster baru pasca pelaksanaan nantinya. 

Apalagi kata dia, Pilkada kali ini diadakan pada masa pandemi Covid-19. Ia juga menambahkan, pihaknya atas nama Pemerintah Kabupaten Pasaman berharap Pilkada tahun 2020 dapat berlangsung dengan damai dan bermartabat. “Kepada seluruh pihak yang terlibat, mulai dari penyelenggara Pilkada, petugas keamanan, serta pihak lainnya agar bekerjasama secara profesional sesuai peraturan KPU RI,” ujarnya. 

Kemudian terhadap pelaksanaan Pilkada tahun 2020, pihaknya menegaskan kepada KPU Pasaman agar kiranya penyelenggaraan Pilkada tersebut dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab, berintegritas, independen dan tidak memihak. Sehingga akan tercipta Pilkada yang jurdil serta berkualitas. “Demikian juga dalam setiap tahapan dan proses sosialisasi. Kami pun berharap, KPU Pasaman dapat melaksanakannya hingga stakeholder di tingkat kecamatan sampai nagari se-Kabupaten Pasaman sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan hak pilihnya,” tukasnya. (nst)

Next Post

Pemda Padangpariaman Terima Sertifikat Aset dari BPN

Jum Des 4 , 2020
PARITMALINTANG, KP – Pemerintah Kabupaten Padangpariaman menerima sertifikat aset Pemerintah […]