Pasangan Benny-Radi Jadi Pemenang, Empat Paslon Nyatakan Menolak

SIJUNJUNG, KP – Dari hasilpenghitungan dan rekapitulasi suara Cabup/Cawabup Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan KPU setempatmenetapkan pasangan calon (Paslon) nomor urut 3Benny Dwifa Yuswir-Irradatillah (Benny-Radi)berhasil memperoleh suara terbanyak daririvalnya empat paslon lainnya yakni, 27.301 suara.

Hal itu terungkap pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara, yang digelar KPU daerah setempat, Selasa lalu.

Dalam rapat pleno tersebut empat paslon Bupati dan Wakil Bupati menyatakan menolak proses rapat pleno rekapitulasipenghitungan suaraserta hasil rekapitulasi penghitungan suara.

Meski tak ada aksi unjukrasa, namun penolakan keempat paslon itu mendapat perhatian serius dari peserta yang hadir.

Keempat paslon yang melakukan penolakan itu terdiri dari Paslon nomor urut 1 Ashelfine-Sarikal, Paslon nomor urut 2 Endre Saiful – Nasrul, Paslon nomor urut 4 Arrival Boy-Mendro Suarman dan Paslon nomor urut 5 Hendri Susanto-Indra Gunalan.

Keempat Paslon menyatakan menolak karena mereka menduga ada konfigurasi dari Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Mereka menyesali terkait penghitungan suara dinilai mereka terlalu cepat dan terkesan dipaksakan.

“Seharusnya penghitungan dilakukan pada 17 Desember dan kenapa harus sekarang. Padahal kami tengah mengajukan gugatan,”kata keempat Paslon itu tak terima proses hasil Rapat Pleno Terbuka yang dilakukan KPU itu, sembari berlalu dari ruangan rapat pleno terbuka tersebut dan mengajak para saksi mereka keluar dari ruangan.

Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyah melalui Komisioner Gunawan, mengaku tak ada pengaruh Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara meski ada yang menolak.

“Kami menjalankan sesuai aturan. Jika soal masalah LP2DK yang dipermasalahkan, kan sudah dijelaskan sebelumnya dan itu sesuai aturan,”kata Gunawan.

Sementara itu Ketua Bawaslun Sijunjung, Agus Hutrial Tatulmembenarkan telah menyikapi pengaduan Keempat paslon ke Bawaslu Sijunjung.

“Semua komisioner sudah kami periksa dan semua bentuk laporan akan kami proses,”kataAgus Hutrial Tatul.

Hal serupa juga disampaikan komisioner Bawaslu Riki Minarsah. Menurut Riki, pihaknya kini tengah memproses pelaporan yang disampaikan Keempat paslon terkait dugaan adanya pelanggaran Pilkada seperti yang disangkakan keempat paslon itu.

Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara dari KPU setempat, pasangan nomor urut 3 berhasil meraih suara 27.301 suara.Kemudian disusul pasangan nomor urut 5 (Hendri Susanto-Indra Gunalan) meraih 24.376 suara, Paslon nomor urut 4 (Arrival Boy-Mendro Suarman) bertengger di posisi tiga dengan mendulang 21.385 suara.

Sedangkan diposisi keempat diraih Paslon nomor urut 1 (Ashelfine-Sarikal) meraup 18.955 suara dan ditempat kelima diduduki Paslon nomor 2 (Endre Saiful-Nasrul) meraih 17.142 suara.

Dengan hasil rekapitulasi tersebut, Paslon nomor urut 3 (Benny Dwifa Yuswir-Irradatillah) dinyatakan sebagai pemenang Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Sijunjung. Usai penghitungan pihak Bawaslu juga menyerahkan hasil rekapitulasi pada saksi paslon yang yang hadir dan ke Bawaslu. (shd)

Next Post

Pembangunan Selesai, Jembatan Sikabu Jadi Ikon Baru Lubuk Alung

Kam Des 17 , 2020
PADANGPARIAMAN, KP – Pembangunan Jembatan Sikabu Kayu Gadang Kecamatan Lubuk […]