Paslon Independen Meredup

PADANG, KP – Semua pasangan calon independen atau perseorangan yang maju pada pilkada serentak 2020 di Sumbar ternyata tidak ada yang mampu unggul dari paslon usungan partai politik. Mereka adalah pasangan Ramlan Nurmatias-Syahrizal di Pilkada Bukittinggi, Endre Saifoel-Nasrul M yang majudi Pilkada Sijunjung, Ferizal Ridwan-Nurkhalis di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota, dan Agus Susanto-Rommy Candra di Pilkada Pasaman Barat.
Berdasarkan data real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Kamis (10/12), pukul 19.00 WIB, pasangan calon Ferizal Ridwan-Nurkhalis di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota hanya memperoleh 14,8 persen suara, terendah dibandingkan tiga pasangan calon lainnya. Sementara, data yang masuk sudah 161 dari 797 TPS atau 20,20 persen.
Pada Pilkada Bukittinggi,petahana Ramlan Nurmatias yang berpasangan dengan Syahrizal memperoleh 40 persen atau 11.888 suara. Suara yang masuk 127 dari 233 TPS atau 54,51 persen. Di pilkada ini yang unggul Erman Safar-Marfendi dengan perolehan suara 45,5% atau 13.516 suara.
Di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota, suara terbanyak diperoleh pasangan Safaruddin Dt Bandaro Basa-Rizki Kurniawan dengan 31,3 persen suara. Kemudian, suara kedua terbanyak oleh pasangan Darman Sahladi-Maskar dengan 31 persen suara. Selanjutnya, suara ketiga terbanyak oleh Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus dengan 22,8 persen. Sementara pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis berada di posisi terakhir dengan 14,8 persen.
Selain itu, pasangan independen di Pilkada Pasaman Barat, Agus Susanto-Rommy Candra juga kalah. Berdasarkan data real count KPU, dari 244 TPS atau 23,60 persen suara yang masuk, pasangan itu hanya memperoleh suara 12,3 persen.
Suara terbanyak di Pilkada Pasaman Barat tersebut diperoleh Yulianto-Syafrial dengan 31,1 persen suara. Kemudian suara kedua terbanyak oleh Hamsuardi-Risnawanto dengan 30,2 persen suara. Selanjutnya, suara terbanyak ketiga oleh Erick Hariyona-Syawal dengan 14,2 persen suara. Sedangkan pasangan Agus Susanto-Rommy Candra berada di peringkat keempat, diikuti pasangan Maryanto-Yulisman di peringkat kelima dengan 12,2 persen suara.
Sementara itu pasangan independen berikutnya, Endre Saifoel-Nasrul M di Pilkada Sijunjung memperoleh 15,1 atau 2.131 suara, urutan terakhir dari lima calon. Di Pilkada ini unggul Benny Dwifa Yuswir-Iraddatillah dengan perolehan suara 24,5 persen atau 3.465 suara. (pkt)

Next Post

Mahyeldi-Audy Klaim Menang Berdasarkan Rekapitulasi C1

Kam Des 10 , 2020
PADANG, KP – Hasil final rekapitulasi C1 yang dimiliki tim pemenangan pasangan calon (paslon) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy menyatakan calon yang diusung PKS dan PPP tersebut unggul pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sumatera Barat 2020.“C1 adalah dokumen yang dikumpulkan oleh para saksi dari seluruh TPS yang […]